Tarian Tradisional Karanganyar Jawa Tengah

Tari Sawung Tani

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki kesenian tradisional yang sangat beragam. Yuk, kita telusuri bersama ya.

Tari Jaran Gedrug

Tari Kolosal Jaran Gedrug (http://www.karanganyarkab.go.id)

Merupakan tari rakyat yang yang berkembang di Kabupaten Karanganyar, yang dikemas dengan pakaian prajurit berkuda. Tari ini bersumber dari sejarah kepahlawanan Pangeran Sambernyawa (KGPAA. Mangkunegaran I) dalam mengusir penjajah Belanda.

Pada waktu Pangeran Sambernyawa berperang yang diikuti oleh prajurit berkuda, ketika beliau beristirahat sambil mengatur siasat perang, kuda yang dinaiki menari nari, kakinya diangkat dan gedrug bumi untuk maju ke medan perang lagi. Istilah “Gedrug” adalah identik dengan kaki yang artinya bergerak atau melangkah untuk maju.

Tari Sawung Tani

Tari Sawung Tani (https://myimage.id)

Merupakan tarian yang menceritakan tentang ungkapan rasa syukur para petani dengan cara membawa beras dan ayam untuk dilepas, yang diyakini bisa mendatangkan keberuntungan dan dijauhkan dari kesialan, musibah, bencana alam dan nantinya bisa meraih kemakmuran serta kedamaian hidup di dunia ini.

Tari Sawung Tani (https://myimage.id)

Inspirasi terciptanya karya Tari Sawung Tani dari melihat ritual Mondosiyo di dukuh Pancot, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Pada ritual ini ada pelepasan Ayam yang kemudian diperebutkan oleh masyarakat, dan siapa yang bisa mendapatkan  ayam tersebut akan mendapatkan berkah dan terhindar dari musibah.

Tari Kencar-kencar

Tari Kencar-kencar (https://docplayer.info)

Mengisahkan pembangunan di Karanganyar yang tiga kali berturut-turut ini memperoleh penghargaan Adipura. “Karena keguyuban masyarakat dan pemerintah, maka kebersihan kota bisa terjaga. Pada akhirnya, kota menjadi semakin terang benderang dan indah, menandakan warganya yang sejahtera serta berada dalam kebahagiaan.” Tarian ini diciptakan oleh Bupati Karanganyar, Dr.Hj. Rina Iriani Sri Ratnaningsih, S.P.d. M.Hum.

Tari Varia Nusantara

Tari Varia Nusantara (http://www.karanganyarkab.go.id)

Merupakan simbolisasi dari keberagaman dan kekayaan budaya Nusantara yang dikemas dalam satu bentuk tarian modern. Kekayaan budaya Nusantara yang dihadirkan ke dalam satu rangkaian tari Varia Nusantara ini ditujukan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan keanekaragaman potensi budaya Indonesia, sekaligus sebagai upaya untuk mengkolaborasikan berbagai ragam tarian yang ada di Indonesia menjadi sebuah hasil karya seni yang atraktif.

Tari Varia Nusantara adalah hasil kreasi koreografi Bupati Karanganyar Dr. Hj. Rina Iriani Sri ratnaningsih, M.Hum.

Tari Derkuku Karang

Tari Kolosal Derkuku Karang (http://timlo.net)

Tari ini menggambaran dari perjuangan Raden Mas Said saat meluluhlantakan penjajah. Mukti siji mukti kabeh (kebersamaan tanpa membeda-bedakan rakyat dan pimpinan) menjadi dasar keberhasilan perjuangannya. Juga keberhasilan perjuangan Raden Mas Said tidak terlepas dari pertemuannya dengan Nyi Ageng Karang.

Koreografer Tari Derkuku Karang, Ari Kuntarto, Staff di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar.

Tari Macan Gadungan

Merupakan tari rakyat umumnya memiliki beberapa ciri khas, yaitu antara lain kental dengan nuansa sosial, merujuk pada adat dan kebiasaan masyarakat, memiliki gerak, rias dan kostum yang sederhana.

Follow me!

One thought on “Tarian Tradisional Karanganyar Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.