Rayuan Kain Indonesia oleh Bin House

Koleksi Bin House (https://www.fimela.com)

Tidak akan pernah ada habisnya jika kita bicara mengenai kain Nusantara. Keindahannya sudah mendunia, kualitasnya tak ada dua. Disainer Obin pun menuangkan perasaannya di koleksi teranyar bertema ‘Rayuan Kain’ di Jakarta Fashion Week 2020, Senayan City, Jakarta, dihari ketiga, 24 Oktober 2019.

Obin yang bernama asli Josephine W. Komara terinspirasi oleh daya tarik wastra Nusantara. Obin menjelaskan kalau Indonesia itu dapat disatukan dengan kain. Ini bukan tanpa alasan, kita tahu bahwa banyak sekali kain di negeri ini. Bahkan hampir semua wilayah punya.

Obin dengan karyanya (https://kumparan.com)

“Kain ini bisa membungkus kita semua (Indonesia). Dengan kain, kita mengenali identitas bangsa,” katanya di Jakarta Fashion Week 2020.

Sebanyak 48 tampilan busana yang mengangkat keindahan kain Indonesia, khususnya batik, kembali menjadi tawaran Obin lewat label BIN House. Seperti biasa, aksi tarian teatrikal dari para model mengawali peragaan Obin.

Sekuen pertama menampilkan para model dalam balutan kebaya modifikasi dengan rok kain bermotif batik yang terasa kontemporer. Model melenggang dengan selembar kain yang menggantung di salah satu tangan, membiarkan aura kain tersebut terpancar maksimal.

Koleksi Bin House (https://www.dewimagazine.com)

Koleksi Bin House (https://foto.tempo.co)

Menyusul kemudian, gaya kebayaan yang lebih urban dengan permainan teknik layering pada atasan. Sesekali kebaya hadir dalam padanan sneakers sebagai alas kaki sehingga terasa kekinian.

Koleksi Bin House (https://kumparan.com)

Koleksi Kebaya klasik juga menjadi highlight Obin pada sekuen berikutnya. Beberapa di antaranya menjelma dalam siluet gaun dengan palet yang lebih gelap.

Sebagai pamungkas, muncul deretan kebaya bernuansa putih yang didominasi cutting loose. Banyak pilihan busana dalam potongan longgar karena Obin memprioritaskan kenyamanan.

Sumber: detik

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.