Pesan Mendalam dari Oscar Lawalata dan Chitra Subyakto di JFW 2020

Koleksi Oscar Lawalata

Kain bukan hanya sebagai peninggalan dan bagian dari budaya Indonesia, kain tidak sebatas bahan untuk menciptakan busana. Menutup malam pertama Jakarta Fashion Week (JFW) 2020, desainer Oscar Lawalata dan Chitra Subyakto lewat labelnya Sejauh Mata Memandang, bergandengan tangan menghadirkan sebuah fashion show Pesona Sisterhood Runway, pada Selasa (22/10) malam.

Oscar Lawalata

Oscar Lawalata bersama Pesona Sisterhood Runway menampilkan sejumlah koleksi yang mengangkat keindahan wastra Nusantara dalam balutan kontemporer melalui persembahan pergelaran busana berjudul “I Am Indonesian The Future: Aku dan Kain”. Oscar Lawalata mengajak generasi muda Indonesia untuk tetap melestarikan eksistensi kain khas Nusantara dan mendukung gerakan masyarakat Indonesia merayakan keberagaman budaya.

(https://manual.co.id)

Oscar yang biasanya lebih bergaya klasik, kali ini memberikan twist pada desain kain barunya dengan menyapukan aksen kontemporer.

Oscar Lawalata dengan koleksinya

Chitra Subyakto

Dibuka oleh serangkaian koleksi Sejauh Mata Memandang yang bertajuk “Daur”, seluruh orang yang hadir di ruang Tent di JFW malam itu terhanyut keindahan karya patch work, penggunaan kain daur ulang pada 24 koleksinya.

Chitra ingin meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Daur tercipta dari keresahan akan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang masih terjadi secara luas di berbagai aspek kehidupan.

“Dari narasi perubahan iklim, kami menggunakan kain salah warna (kain sisa) yang kemudian kami olah kembali. Karena bumi sudah darurat,” kata Chitra pada saat konferensi pers menjelang show di Senayan City.

Koleksi Chitra Subyakto

Sumber: fimela

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.