Ndalem Yudanegaran Yogyakarta

Ndalem Yudonegaran terletak di Jalan Ibu Ruswo Nomor 35, Yogyakarta. Ndalem Yudonegaran dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana VII. Bangunan tersebut ditempati oleh KRT. Yudanegara (Patih Danureja VII) bersama isterinya yaitu GKRay Dewi, yakni putri ke-38 Hamengku Buwana VII dari permaisuri GKRay Kencono.

Saat ini Ndalem Yudonegaran ditempati oleh GBPH Yudaningrat (putra ke-13 Hamengku Buwana IX dari Ibu GKRAy Hastungkara). Sejak awal didirikan, bangunan ini digunakan sebagai tempat tinggal. Dalam perkembangannya, pada bagian bangunan yang lain yaitu di sisi timur pendapa digunakan untuk Sekolah Menengah Farmasi dan Sekolah Asisten Apoteker. Pada bagian depan, di akhir tahun 1987 digunakan untuk Sekretariat PORDASI (Perkumpulan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) sampai sekarang.

Bangunan Ndalem terdiri atas pendapa, pringgitan, dalem ageng, dan pavilun. Antara bangunan pendapa dan dalemdibatasi tembok seketheng dengan tiga pintu masuk. Langit-langit joglo berhiaskan lambang Keraton Yogyakarta berwarna merah, biru, hijau, kuning, dan putih yang berjumlah dua buah.

Bangunan ini ditetapkan sebagai cagar budaya dengan Per.Men Budpar RI No. PM.89/PW.007/MKP/2011.

Sumber: kabudayaan

Follow me!

One thought on “Ndalem Yudanegaran Yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.