Museum Kata Andrea Hirata Belitung Timur Babel

Museum Kata Andrea Hirata (https://ksmtour.com)

Museum Kata Andrea Hirata merupakan museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan oleh penulis novel Laskar Pelangi itu. Lokasinya di Jl. Raya Laskar Pelangi No.7, Desa Gantong, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, yang tidak berjauhan dengan lokasi SD Laskar Pelangi.

Tujuan didirikan Museum Kata untuk menginsiprasi generasi muda Indonesia terutama yang ada di Belitung, agar berani bermimpi sesuai semangat Laskar Pelangi.

Ruang-Ruang

Museum Kata Andrea Hirata (http://pesdu.blogspot.com)

Di ruang pertama, dapat terlihat foto-foto sang penulis dengan kalimat-kalimat inspiratif. Salah satunya yang dapat ditemukan adalah “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”. Selain itu, ada juga cuplikan novel yang telah diterbitkan dalam berbagai bahasa ini.

Sebuah ruang utama yang menjadi penghubung ke ruangan lain yang diberi nama berdasarkan nama-nama tokoh dalam Laskar Pelangi.

Ruang pertama adalah Ruang Ikal, dimana di ruang ini pengunjung dapat melihat cuplikan novel yang menggambarkan sosok Ikal. Foto dengan adegan ketika Ikal berpisah dengan Lintang pun menjadi suatu pemandangan menarik yang dapat dilihat di ruangan ini. Foto ini diambil dari film yang disutradarai oleh Riri Reza.

Ruang Lintang. Lintang merupakan seorang sosok yang cerdas dan dibanggakan oleh teman-temannya. Di ruang ini, pengunjung dapat melihat foto-foto tokoh Lintang yang diambil dari film Laskar Pelangi, dimana di antaranya adalah foto Lintang yang bersepeda dengan sepeda kesayangannya dan foto Lintang saat berbonceng dengan Ikal.

Ruang Mahar Mahar dikenal sebagai seorang sosok yang nyentrik dan menyukai berbagai bentuk kesenian. Di ruangan ini, pengunjung museum dapat menikmati foto-foto seniman yang menjadi inspirasi Mahar, dimana salah satunya adalah Rhoma Irama.

Ruang Barang Antik

Terdapat mesin jahit singer yang masih dengan pedal kaki, jam dinding kuno, telepon kabel, mesin ketik, gitar, timbangan, sampai furnitur kuno seperti meja, kursi, dan . Semua mengajak kita bernostalgia dengan masa lalu.

Ruang dapur

Warkop Kopi Kuli (https://www.tokopedia.com)

Sebuah dapur yang diubah menjadi warung kopi. Sebuah papan bertuliskan Warkop Kopi Kuli pun ditempel pada dinding ruangan ini. Di ruangan inilah pengunjung dapat memesan kopi khas lokal dan makanan ringan untuk bersantai dengan teman dan berbincang-bincang sembari menikmati suasana museum.

Museum Kata Andrea Hirata
Jl. Raya Laskar Pelangi No.7, Desa Gantong, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung
Hari: Senin – Minggu
Jam: 10.00 – 17.00
Tiket: Rp. 50.000,-

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.