Batik Motif Srikaton

1

Pola Srikaton juga dapat kita digali maknanya melalui nama maupun polanya. Namanya Srikaton yang dalam bahasa Indonesia berarti “Sri” yang kelihatan, karena “katon” berarti ada, atau kelihatan.

Motif-motif tangkai dengan bulir-bulir padi mengarahkan pikiran kita pada Dewi Sri, dewi yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Sri juga dapat melambangkan raja, dibuktikan oleh Gendhing Srikaton yang selalu mengiringi langkah-langkah penguasa keraton Surakarta Hadiningrat, Sri Susuhunan Paku Buwana, pada waktu beliau memasuki bangsal Sasana Sewaka.

Adapun motif-motif sayap melambangkan “Sri” yang tertinggi, yang tidak lain adalah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pola ini rupa-rupanya mengajarkan bahwa seyogyanya kepercayaan akan ketiga macam pengertian “Sri” tadi selalu harus hadir dalam diri kita agar tercapailah kesejahteraan, baik rohani maupun jasmani.

One thought on “Batik Motif Srikaton

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Motif Wahyu Tumurun Solo

Mon Dec 23 , 2019
Nama pola berarti yang turun dari “Atas”. Yang dimaksud dengan “Atas” tentunya Tuhan Pencipta Alam Semesta. Tahukah kita sekarang mengapa Wahyu Tumurun begitu banyak peminatnya. Sejarah Pada tahun 1930, RA Setya dari kalangan istana Mangkunegaran ingin menciptakan sebuah pola batik yang melambangkan sesuatu yang umum atau dasar sehingga dapat digunakan […]

You May Like