Batik Motif Pisan Bali

1

Ada yang istimewa pada pola ini, karena mengenai namanya saja ada dua pendapat. Pendapat pertama, mengatakan bahwa pola ini bernama Pisang Bali, mungkin karena motif utamanya menyerupai daun pisang yang berjunataian ke bawah. Pendapat kedua, di antaranya Hardjonagoro, menamakan pola ini Pisan Bali, karena ia melihat kesamaan makna antara pola batik Pisan Bali dengan sebuah gendhing kehormatan yang dinamakan Pisan Bali.

Pola batik Pisan Bali terdiri dari dua suku kata, kata Pisan berarti satu kali, dan Bali berarti lagi. Pisan Bali ini diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan sekali, lalu diulang berkali-kali.

Apa sebetulnya yang dilakukan sekali dan berkali-kali? Tidak lain dan tidak bukan ialah do’a keselamatan dan kedamaian, yang tertuang  baik di dalam rangkaian nada gending Pisan Bali maupun dalam pola batik dengan nama yang sama.

One thought on “Batik Motif Pisan Bali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Motif Cuwiri Mentul

Sun Dec 22 , 2019
Ada yang mengatakan cuwiri sebagai nama burung, yang memang ada dalam pola ini. Tetapi kebanyakan orang mencari maknanya dari asal kata cuwiri, dari kata jawa cuwer yang berarti banyak airnya, atau cuwir kalau airnya banyak. Pendapat ini didukung oleh banyaknya deretan puncak gunung yang melambangkan kesuburan. Kata mentul diperkirakan diambil […]