Taman Mangrove Kurau Barat Bangka Tengah Babel

Taman Mangrove Kurau Barat (https://backpackerjakarta.com)

Taman Mangrove Kurau Barat ini berada di Sungai Munjang, Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Luasnya mencapai 213 hektar, namun baru 30 persen yang dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata. Tergolong anyar karena baru diresmikan pada 22 Juli 2017 silam.

Taman Mangrove merupakan salah satu hutan dengan tanaman bakau yang ada tepi lautan. Keberadaan hutan bakau ini untuk membantu mencegah abrasi. Bangka Belitung yang merupakan provinsi kepulauan, pasti memiliki garis pantai yang panjang. Bangka Belitung juga memiliki banyak hutan bakau yang tumbuh secara alami. Beberapa hutan bakau juga ada yang dijadikan tempat wisata, salah satunya adalah Hutan Mangrove Munjang Desa Kurau Barat.

Spot yang menarik di Taman Mangrove Kurau Barat (https://phinemo.com/)

Hal yang menarik dari Taman Mangrove Kurau Barat ini di bandingkan tempat wisata lain adalah kawasan hutan yang memiliki tempat berfoto yang menarik. Kawasan Taman Mangrove Kurau Barat secara keselurahan dari atas menara yang dibuat menempel pada pohon mangrove yang ada di tempat itu dan juga memiliki inovasi yang kreatif dari warga kurau barat untuk menambah spot foto terbaru dan itu inovasi yang bagus untuk kemajuan desa tersebut.

Flora

Taman Mangrove Kurau Barat (https://travelingyuk.com)

Beragam jenis mangrove ditemukan di sini, seperti Nipah (Nypa fruticans), Waru Laut (Hibiscus tiliaceus), Bintan (Cerbera manghas), Nyirih (Xylocarpus granatum), Perepat Lanang (Scyphiphora hydrophyllacea), Bakau Tampusing (Brugueira sexangula), Bakau Minyak (Rhizophora apiculata), Peterpat (Sonneratia alba), Bakau Tengar (Ceriops decandra), serta Biduri (Calotropis gigantean).

Fauna

Di sini juga ada beragam jenis burung, ular, serta ikan air tawar dan payau seperti gabus, toman, kakap dan sembilang.

Aksesibilitas

Desa Kurau Barat merupakan desa yang terdapat di Kecamatan Koba, Kebupaten Bangka Tengah. Desa ini memiliki luas sekitar 7.125 ha. Taman Mangrove Kurau Barat berjarak sekitar 28 km dari Kota Pangkalpinang dengan waktu tempuh sekitar 31 menit dari Bandara dan jarak waktu tempuh dari Koba (Ibu kota Kabupaten Bangka Tengah) ke tempat tersebut sekitar 30 menit.

One thought on “Taman Mangrove Kurau Barat Bangka Tengah Babel

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.