Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci Sumedang Jawa Barat

Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci (https://www.triptrus.com)

Kawasan Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci (GPGK) terletak di Jalan Pangeran Sugih, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Kondisi ekologis Tahura GPGK terletak di ketinggian 485-665 mdpl, pada posisi 6055’ – 7025’ LS dan 107045’ – 108011’ LS. Kondisi topografi mulai dari datar, bergelombang dan sdikit berbukit, lereng agak curam sampai terjal, jenis tanah latosol, alluvial dan andosol, dengan temperature rata-rata 20-30 derajat celcius.

Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci (https://ruber.id)

Sejarah

Pada tahun 2004, Menteri Kehutanan menerbitkan keputusan yang menjadikan kawasan Gunung Kunci seluas 3,67 hektar sebagai Taman Hutan Raya (Tahura) bersama-sama dengan kawasan Gunung Palasari yang luasnya 31,22 hektar. Letak kedua tempat tersebut berdampingan, dipisahkan oleh jalan raya. Setelah ditetapkan sebagai Tahura, pengelolaannya dialihkan dari Perum Perhutani ke Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Tahun 2011, Pemerintah Kabupaten (PemKab) Sumedang mengambil kebijakan untuk membangun dan mengembangkan kawasan Taman Hutan Raya menjadi suatu kawasan yang berfungsi sebagai konservasi, edukasi, rekreasi dan preservasi. Pemkab Sumedang membentuk lembaga pengelola Tahura berupa UPTD Pengelolaan Tahura Gn. Kunci dan Gn. Palasari.

Flora

Potensi flora yang saat ini di kawasan Gunung Kunci dan Gunung Palasari terdapat ± 205 spesies flora diantaranya akasia (Acacia mangium), Eboni (Diospyros celebica), Jati (Tectona grandis), Pinus (Pinus merkusii), dan lain-lain.

Fauna

Untuk fauna dikawasan ini belum pernah dilakukan penelitian tentang penggalian potensi fauna. Adapun data yang diperoleh dari masyarakat sekitar kawasan, beberapa spesies satwa yang sering dijumpai adalah beberapa spesies burung yaitu Burung Kutilang (Pycnonotus sp), Elang ular bido (Spilornis cheela), Tekukur dan lain-lain.

Baca juga: Wisata Sejarah di Sumedang Jawa Barat

Potensi Wisata Alam

Area Gunung Kunci

a. Benteng Gunung Kunci

Dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Van Limburg Stirum. Pembangunan berlangsung dari tahun 1914 hingga 1917, dan diresmikan pada tahun 1918.

b. Goa Gunung Kunci

Fasilitas area Gunung Kunci

  • Ruang serbaguna, ruangan terbuka berukuran 4×6 meter bisa digunakan untuk acara rapat, arisan, pertemuan dengan kapasitas 75 orang.
  • Amfiteater, tempat untuk pertunjukan, terdiri dari panggung terbuka dan tempat duduk penonton dengan kapasitas 200-300 orang.
  • Area trek joging mengelilingi gua atau benteng
  • Arena bermain khusus untuk anak-anak

Area Gunung Palasari

Benteng Belanda Gunung Palasari

Benteng Belanda di Gunung Palasari

Terletak pada ketinggian ± 645 mdpl, terdapat delapan bangunan benteng yang dibangun sekitar tahun 1913 sampai 1917, bangunan mengelilingi puncak Gunung Palasari. Setiap bangunan berukuran 2×3 meter. Setiap ruangan rata rata terdiri dari dua ruangan, untuk bangunan pertama terdiri dari enam ruangan dan bangunan kedua terdiri dari tujuh ruangan.

Goa Belanda Gunung Palasari

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang
Jl. Parigi Lama, Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Telp.: (62) 261 2200809

Follow me!

One thought on “Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci Sumedang Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.