Tahura Banten

Taman Hutan Raya Banten (https://www.kabar-banten.com)

Taman Hutan Raya (Tahura) Banten terletak di wilayah Desa Sukarame, Desa Sukanagara, Desa Cinoyong dan Desa Kawoyang Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Sejarah

Sesuai Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor : SK.221/Menhut-II/2012 tanggal 4 Mei 2012 tentang Perubahan Fungsi antar Fungsi Pokok dari Kawasan Hutan Produksi Terbatas seluas ±833 Ha, dan Hutan Produksi Tetap seluas ±662 Ha serta perubahan fungsi dalam fungsi pokok dari Taman Wisata Alam Carita seluas ±95 Ha menjadi Kawasan Hutan Konservasi dengan fungsi Taman Hutan Raya seluas ±1.950 Ha yang terletak di kelompok Hutan Gunung Aseupan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten dengan nama Taman Hutan Raya (Tahura) Banten.

Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.3108/Menhut-VII/KUH/2014 tanggal 25 April 2014, tentang Penetapan Kawasan Hutan Konservasi Taman Hutan Raya Banten seluas 1.595,90 (seribu lima ratus sembilan luluh lima dan sembiln puluh perseratus) hektar di kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, maka luas definitif kawasan Tahura Banten tersebut adalah 1.595.90 Ha.

Pembentukan Tahura di Provinsi Banten bertujuan untuk meningkatkan fungsi hutan sebagai kawasan pelestarian alam, sekaligus meningkatkan proporsi kawasan lindung bagi keseimbangan lingkungan. Dengan terbentuknya Tahura di Provinsi Banten, diharapkan fungsi pelestarian alam dapat sejalan dengan meningkatnya nilai tambah ekonomi bagi masyarakat berupa berkembangnya kegiatan wisata alam, pendidikan dan pendukung kegiatan budidaya.

Flora

Taman Hutan Raya Banten (http://www.krakatauradio.com)

Pada hutan primer terganggu ditemukan 116 jenis tumbuhan yang tercakup dalam 61 suku, dan di hutan sekunder tua ditemukan 66 jenis tumbuhan yang tercakup dalam 44 suku. Jenis yang mendominasi regenerasi lengkap pada setiap strata terdapat di hutan primer. Untuk tingkat pohon didominasi oleh jenis Puspa (Schima wallichii DC) dan tingkat semai didominasi oleh jenis Kapinango (Dysoxylum densiflorum Blume) Miq.

Jenis tumbuhan dominan pada hutan primer terganggu adalah Castanopsis accuminatissima (Blume) A. DC. dan Glochidioll rubrum BI untuk tingkat semai. Pada hutan sekunder tua, jenis yang mendominasi pada tingkat pohon adalah Vernonia arborea Buch-Ham, tingkat belta adalah jenis Lithocarpus elegans (Blume), dan untuk tingkat semai adalah jenis Archidendron jiringa (Jack) Nielsen.

Fauna

Jenis satwa liar di kawasan Tahura Banten

Keragaman jenis satwa liar di kawasan Tahura Banten adalah sebagai berikut:

a). Satwa liar yang dijumpai secara langsung, meliputi jenis mamalia: Monyet (Macaca fascicularis), Trenggiling (Manis javanicus), Kelelawar (Cynopterus sp.), Ular tanah(Callo selasma rhodostoma), dan jenis Aves: Elang (Haliacetus leucogastrea), Puyuh (Coturnix chinensis), Pelatuk (Picus sp.), Anis (Zoothera sp.), serta jenis Reptilia, yaitu Biawak (Varanus salvator).

b). Teridentifikasi melalui jejak, yaitu Babi hutan (Sus scrofa), dan c) teridentifikasi melalui suara, antara lain: Kutilang (Pycnonotus aurigaster), dan Punai (Chalcopaps indica) yang tergolong Aves.

Selain itu, masih sering dijumpai satwa liar seperti Surili (Presbytis comata), Ular sanca (Phyton sp.), Bajing tanah (Lariscus sp.) dan beberapa jenis burung seperti: Tekukur (Streptopelia cinensis), Perkutut (Geoperlia striata), Jogjlog (Pycnonotus goivaier), Burung madu (Aethopiga exima), Ciblek (Primia familiaris), Kutilang (Pycnonotus aurigaster) dan lainnya. Keberadaan berbagai jenis satwa liar di kawasan Tahura ini mengindikasikan bahwa kawasan ini merupakan habitat berbagai jenis satwa penting dan sebagian diantaranya masuk dalam katagori dilindungi.

Potensi Wisata Alam

a. Air Terjun (Curug) Gendang

Curug Gendang

Air Terjun Curug Gendang berada kawasan Tahura Banten dengan posisi koordinat 105° 51′ 34” BT dan 6° 16′ 38,9” LS pada ketinggian 225 m dpl dan berasal dari hulu mata air Gunung Aseupan. Dinamai Curug Gendang karena suara air terjunnya mirip dengan suara gendang atau tambur. Lokasinya terletak sekitar 4,3 km dari pintu gerbang. Aksesibilitas untuk menuju Air Terjun Curug Gendang dapat menggunakan kendaraan roda empat sampai akhir jalan dan dilanjutkan berjalan kaki menelusuri jalan setapak yang berliku-liku berupa jalan tanah sebagian berbatu sekitar 2 km.

Daya tarik Air Terjun Curug Gendang adalah merupakan perpaduan dari hutan lebat, jalan setapak yang berliku dan kadang naik turun, serta tebing dan jurang disisi kiri-kanannya, dan air yang jernih. Air Terjun Curug Gendang mempunyai ketinggian ± 7 m dengan diameter permukaan ± 5,5 m dan kedalaman ± 13 m berbentuk cekungan dalam.

b. Air Terjun (Curug) Puteri

Curug Puteri

Air Terjun Curug Puteri berada pada posisi koordinat 105° 51′ 48,4” BT dan 6° 16′ 36,9” LS pada ketinggian 237,5 meter dpl. Lokasinya terletak sekitar 500 meter ke arah hulu Air Terjun Curug Gendang. Aksesibilitas untuk menuju Air Terjun Curug Puteri belum tersedia jalan setapak sehingga dari Air Terjun Curug Gendang harus ditempuh melewati Sungai Curug Gendang dengan kondisi berbatu dan licin.

Air Terjun Curug Puteri mempunyai ketinggian ± 7.5 m dengan kedalaman cekungan (kolam) sekitar 2 meter. Keindahan Air Terjun Curug Puteri juga dilengkapi dengan panorama goa.

c. Cadasngampar

Cadasngampar

Cadasngampar merupakan areal bebatuan yang datar dimana terletak di pinggiran sungai sehingga mempunyai eksotisme visual yang khas antara bebatuan dan gemercik air sungai yang memberikan ketenangan dan kesejukan. Lokasi Cadasngampar terletak disebelah selatan Curug Gendang yang merupakan jalur tracking ke arang curug.

Di wilayah ini dapat dijumpai satwa antara lain babi hutan, monyet ekor panjang, lutung, ular python dan beberapa jenis burung.

d. Bendungan
e. Camping Ground
f. Gunung Tompo

Akesibiltas

Untuk menuju ke lokasi Tahura Banten dapat melalui rute sebagai berikut: Jakarta – Serang – Pandeglang – Labuan – Lokasi (160 km); Jakarta – Serang – Cilegon – Anyer – Lokasi (170 km); Bogor – Rangkasbitung – Pandeglang – Labuan – Lokasi (150 km).

Follow me!

One thought on “Tahura Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.