Negeri diatas Awan Indonesia yang Menawan

Peta gunung di Indonesia (https://id.wikipedia.org)

Indonesia diketahui memiliki gunung api terbanyak di dunia. Dari 127 gunung api aktif yang ada, baru 69 gunung yang terpantau dengan alat, khususnya peralatan seismik yang merupakan standar minimum.

Diatas puncak gunung-gunung yang aktif ataupun tidak aktif, disanalah “Negeri diatas awan” berada. GWi mencoba menelusuri Negeri diatas awan dari Sabang sampai Merauke, Yuk kita simak bersama ya.. 🙂

1. Puncak Lawang

Puncak Lawang (https://www.youtube.com)

Puncak Lawang sendiri berada Kabupaten Agam dekat kota Bukittinggi. Begitu memasuki jalan menuju danau maninjau, wisatawan akan melihat keelokan alam sumatera barat yang begitu cantik. Kera-kera liar berada disisi jalan dan seakan mereka hendak menyambut kita. Perjalanan semakin mendaki hingga mencapai ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

Paralayang di Puncak Lawang (https://wisatasumatera.com)

Kabut tipis mulai turun pada pukul 13.00 wib dan perlahan semakin menutupi jalan utama dan tidak lama sampailah kita diatas Puncak Lawang. Kawasan puncaknya juga terkenal sebagai tempat olahraga paralayang dan bahkan menjadi titik penerbangan perlombaan paralayang tingkat nasional dan internasional.

Lokasi: Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam 26162, Sumatera Barat
Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-18.00

2. Puncak Gunung Luhur

Puncak Gunung Luhur (https://kompas.com)

Di negeri di atas awan, pengunjung bisa menikmati pemandangan awan yang khas dan terlihat dari ketinggian Gunung Luhur yang berkisar 901 meter di atas permukaan laut (mdpl). Destinasi wisata ini masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Lokasi: Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten

3. Puncak Gunung Putri

Puncak Gunung Putri (https://bapermulu.com)

Gunung Putri juga dikenal dengan nama Geger Bintang Matahari, dengan ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kawasan Hutan Gunung Putri ini dibina langsung oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara sejak 2016. Kebanyakan orang datang ke sana untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas gunung, tapi tak sedikit juga yang datang ke sini untuk berkemah.

Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

4. Bukit Gantole (Venue Gantole)

Bukit Gantole (https://www.idntimes.com)

Bukit Gantole berada di ketinggian 1.063 meter di atas permukaan laut (mdpl), landasan pacu untuk gantole ini kini menjadi spot daya tarik wisata yang sejajar dengan Bukit Bintang atau Tebing Kraton. Anak-anak muda maupun dewasa dari Bandung hingga Jakarta sengaja menyambangi tempat ini karena keindahan alamnya yang tersirat dalam gambar.

Awalnya Bukit Gantole ini diperuntukkan sebagai salah satu tempat terselenggaranya Porda Jabar 2010 dan PON 2016 cabang paralayang.

Lokasi: Kampung Cihurang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

5. Puncak Gunung Prau

Puncak Gunung Prau (https://indonesia.tripcanvas.co)

Tak hanya matahari terbit dan tenggelam saja, gunung dengan ketinggian 2.590 mdpl ini juga menawarkan pemandangan galaksi Bimasakti di malam hari.

Gunung Prau termasuk gunung yang cocok didaki oleh pendaki pemula – yang penting siapkan kondisi fisik, pakaian hiking, dan juga persediaan bekal dan obat-obatan, maka Andapun bisa mencapai puncak Gunung Prau dari Dieng selama 2 – 2,5 jam saja.

Lokasi: Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo 56354, Jawa Tengah
Tiket Masuk: Rp15.000

6. Puncak Bukit Sikunir

Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng ketinggian 2.306 meter di atas permukaan laut (mdpl), Bukit Sikunir merupakan bagian dari dua gunung cantik yang berdiri gagah di Jawa Tengah, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Karena letaknya yang diapit dua gunung, Bukit Sikunir dikenal luas sebagai spot berburu sunset yang sempurna.

Lokasi: Jl. Dieng, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara 53456, Jawa Tengah

7. Puncak Gunung Andong

Puncak gunung Andong (https://darkmountainbooks.com)

Sebagai objek wisata gunung, tempat ini masih terhitung asri. Pemandangan perbukitan dan hutan di sekitarnya sangat menarik untuk dinikmati. Gunung ini memiliki ketinggian 1.463 Mdpl.

Lokasi: di dua desa, desa Tlogorejo dan desa Ngablak, Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

8. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri (https://indonesia.tripcanvas.co)

Meskipun ‘hanya’ berada di ketinggian 638 mdpl, namun bukit yang berada di pinggiran kota Wonogiri ini mampu menyuguhkan sensasi bak negeri di atas awan.

Namun untuk menuju ke puncaknya bukan perkara mudah, karena Anda harus trekking dengan medan yang lumayan menantang dan tanjakan curam. Setelah mendaki sekitar satu jam, maka Andapun tiba di sebuah formasi batu unik di atas bukit dan dikelilingi pemandangan serba hijau serta gulungan alam.

Lokasi: Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri 57695, Jawa Tengah

9. Bukit Panguk

Bukit Panguk (https://indonesia.tripcanvas.co)

Untuk bisa menyaksikan keindahan panorama tersebut, telah dibuat dek dari bambu di mana Anda bisa berfoto-foto. Namun untuk menuju ke atas sana perjalanan yang harus ditempuh lumayan berliku dan melelahkan.

Setibanya di atas, segenap usaha Anda akan terbayar lunas oleh keindahan yang ditawarkan Bukit Panguk Kediwung!

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul 55783, D.I. Yogyakarta
Jam Operasional: 05.00 – 18.00

10. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan (https://indonesia.tripcanvas.co)

Panorama perbukitan, lembah, sungai, hutan , awan dan kabut yang tampak dari kebun buah ini begitu mengesankan.

Lokasi: Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta
Jam Operasional: 04.00 – 19.00

Bersambung

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.