Kain Tenun Sarung Goyor Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Sarung Tenun Goyor Kabupaten Tegal (https://www.inibaru.id)

Dalam bahasa Jawa, goyor-goyor berarti lembek. Itulah alasan kenapa sarung khas Tegal ini dinamakan demikian. Sarung Goyor! Sekali pegang kainnya, kamu bakal paham, karena kain yang diproduksi sejak 1986 itu memang lembut, lembek, dan jatuh di tubuh.

Tenun Goyor yang merupakan warisan kebudayaan yang dapat dijumpai di daerah seperti Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang, terus mengalami perkembangan, mulai dari produksi, pola atau gambar, warna, merek dagang, dan harga. Saat ini, Tenun Goyor tidak hanya sekadar selembar kain atau sarung belaka, melainkan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan menyerap tenaga kerja. Belum ada sumber pasti mengenai awal mula Tenun Goyor bisa masuk ke wilayah Pantai Utara (Pantura) Barat.

Sekali produksi, perajin tenun goyor membutuhkan waktu seminggu. Satu ATBM menghasilkan satu kain tenun goyor dengan ukuran lebar 60 sentimeter (cm) dan panjang 250 cm, sebelum diolah menjadi sarung dengan ciri khas jahitan tengah. Untuk memiliki tenun sarung Goyor anda harus menebus dengan harga hingga ratusan ribu rupiah. Namun, bukan berarti sarung ini sepi peminat.

Satu hal yang istimewa dari sarung goyor adalah kemampuannya menyesuaikan kondisi. Saat berada di cuaca berhawa panas, sarung goyor bakal menyejukkan di kulit. Sementara, ia akan menghangatkanmu pada cuaca dingin.

Sarung Tenun Goyor Kabupaten Tegal (https://www.inibaru.id)

Motif

Untuk motifnya, sekurangnya ada dua motif sarung goyor, yakni botolan atau timuran dan balian atau tegalan. Motif terakhir biasanya lebih mudah dikerjakan sehingga harganya lebih murah ketimbang botolan.

Ditambah, corak dan polanya yang khas, serta memiliki handfeel yang nyaman. Hal tersebutlah yang mengantarkan tenun goyor diekspor dan menjadi primadona di daratan Timur Tengah sampai Benua Afrika.

Pengrajin

Perajin Tenun Goyor berda di Desa Kaladawa, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

One thought on “Kain Tenun Sarung Goyor Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.