Belitung Mangrove Park Tanjung Pandan Belitung Babel

Belitung Mangrove Park (http://samudranesia.id/)

Belitung Mangrove Park (BMP) terletak di Desa Juru Sebrang, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, merupakan bekas pertambangan Timah Bangka Belitung berupa kolam-kolam tambang, hilangnya keanekaragaman hayati, dan berkurangnya vegetasi.

Lubang bekas tambang timah di Belitung Mangrove Park (https://www.mongabay.co.id/)

Kawasan wisata yang dikelola hutan kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu ini resmi beroperasi pada Juni 2018 lalu, di pesisir Pulau Belitung, yang menawarkan konsep ekowisata berbasis ekosistem mangrove diatas lahan yang terdiri dari daratan dan perairan, dengan luas area kurang lebih 52,02 ha. BMP didirikan oleh Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu, bekerja sama dengan Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) dengan memanfaatkan dana hibah dari ICCTF dalam kategori program mitigasi perubahan iklim. BMP menjadi Taman Wisata Mangrove yang menyediakan beragam atraksi dengan mengedepankan nilai-nilai edukasi, konservasi dan wisata.

Flora

Kawasan Belitung Mangrove Park (https://www.greeners.co)

Sebanyak 15.000 bibit hutan lokal yang ditanam dengan jarak tanam 1 x 1 m hingga total luas lahan yang ditanami sebanyak 1,5 Ha. Tumbuhan yang dipilih adalah tumbuhan yang cepat membangun ekosistem sehingga dapat segera menjadi habitat berbagai makhluk hidup lainnya. Jenis-jenis yang ditanam meliputi Rhizopora apiculate, R. mucronate, Bruguiera gymnorrhiza, Nypa fruticans, dan Terminalia cattappa. Lokasi penanaman didasari oleh model stok karbon yang telah dibuat sebelumnya. Daerah yang ditanami adalah daerah dengan stok karbon rendah. Untuk tahun pertama, 1,5 ha bibit akan menghasilkan 3 ton CO2 dengan asumsi 2 ton CO2 per hektar.

Fauna

Selain menutup lubang-lubang bekas galian timah dengan pohon mangrove kami juga menebar benih komoditas perikanan, berupa 300 ribu, benih udang vannamei, 1300 benih kakap putih, Dan 1200 benih kerapu bebek.

Aktivitas 

Lingkup kegiatan di BMP yaitu trekking mangrove, pengamatan mangrove, pengamatan burung, susur sungai, penanaman mangrove, dan lain-lain yang berkenaan dengan peningkatan pemahaman, keterampilan dan kelestarian alam.

Fasilitas

Restoran berbentuk kapal tradisional di Belitung Mangrove Park (https://www.mongabay.co.id)

Fasilitas yang terdapat di dalam Kawasan Wisata BMP yaitu:

  • Jalur Trek Mangrove
  • Menara Pengamatan
  • Kapal Susur Sungai
  • Kano
  • Tambak
  • Teras Mancing
  • Pusat Informasi Wisata
  • Rumah Edukasi
  • Rumah Makan Kapal BMP
  • Rumah Singgah
  • Dermaga Sunset
Aksesibititas

Lokasi ini berjarak 10 kilometer dari kota Tanjungpandan atau dalam waktu tempuh 15-20 menit. Akses jalan menuju lokasi pun terbilang cukup baik, hanya 1 kilometer menuju BMP yang harus melalui jalan tanah merah.

Informasi lebih lanjut hubungi

HKm Seberang Bersatu – Belitung Mangrove Park
Telp/WA: Nopiansyah +62819 2958 5722 (Nopiansyah), +62819 4942 9382 (Susi Veronica), dan +62877 6361 1428 (Irpan)

One thought on “Belitung Mangrove Park Tanjung Pandan Belitung Babel

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.