Batik Tegalan Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Beragam motif Batik Tegalan

Batik Tegalan memang punya corak yang unik, tergolong dalam jenis batik pesisir dengan ragam hias yang naturalis, tidak ada aturan atau batasan mengikat seperti halnya batik Yogya dan Solo. Batik Kabupaten Tegal terkenal dengan motif batik klasik yang memiliki corak dan warna tegas, mencerminkan watak “Wong Tegal”.

Selama ini, pemberian nama corak batik Tegalan berasal dari nama benda yang ada di lingkungan sekitar dan telah akrab dengan kehidupan sehari-hari. Corak batik Tegal terdiri dari ragam hias sebagai ornamen utama corak secara keseluruhan dan ragam hias tambahan sebagai ornamen pelengkap.

Beragam corak motif batik Tegalan (https://m.ayosemarang.com)

Motif

Batik Tegalan motif Gribigan

Motif batik Tegalan saat ini menyajikan berbagai bentuk yang berorientasi pada flora dan fauna sebagai ragam hias utamanya, seperti berbagai jenis tanaman berupa daun, bunga, buah dan binatang.

Ada beberapa motif batik Tegalan yang sudah dikenal masyarakat, seperti motif Beras Mawur, Watu Pecah, Gribigan, Galaran, Blarakan, Kembang Sawo, Ambringan, Kembang Pacar, Krokotan, Sawut Rembet, Jae Sarimpang, Kawung, Kawung Jenggot, Kawung Beton, Sidamukti, Sidamukti Kuku Macan, Sidamukti Ukel, Sidamukti Grandil, Sidamukti Putihan, dan Sidamukti Rantai.

Beragam motif Batik Tegalan

Motif Beras Mawur

Batik Tegalan motif Beras Mawur

Diambil dari bentuk pacitan yang dibuat berupa titik-titik putih seperti beras tumpah (beras mawur). Pembuatan godongannya (bentuk daun) adalah ambringan atau daun ambring yang dikombinasikan dengan beberapa bunga.

Motif Mahkota

Batik Tegalan motif Mahkota (https://infotegal.com)

Merupakan motif dengan menggunakan pacitan gabahan dan menggambarkan bentuk mahkota dengan warna biru. Motif Mahkota juga merupakan motif non geometris dengan bentuk mahkota mendominasi seluruh permukaan kain, sedangkan godongan dengan isen-isennya menjalar di sela-sela bentuk mahkota dengan batasan garis putih.

Pemilihan warna pada motif ini didominasi warna biru yang memenuhi bentuk mahkota, juga pada bentuk godongannya warna biru muncul mengiringi warna hijau muda dan sedikit warna kuning gading. Warna krem pada pacitan gabahan menambah anggunnya motif mahkota tersebut.

Motif Alimahan

Berupa motif daun yang sarat dengan isen-isen. Sedangkan pacitannya (dasarnya) berupa gabahan (padi yang masih menempel pada tangkainya). Penggarapan bentuk motif ini sebenarnya hanya ada 4 macam bentuk daun, tetapi pembuatan isen-isen dan warna daun tersebut berbeda-beda, sehingga kelihatan bentuk daunnya dibuat bermacam-macam.

Motif Grandilan

Batik Tegalan motif Grandilan (https://infotegal.com)

Yang menggunakan godongan Turi Putih sebagai inti dari motif ini, sedangkan pacitannya berupa klabangan yang memenuhi permukaan kain. Motif Grandilan juga merupakan motif non geometris dengan penempatan bentuk-bentuk daun turi yang menyebar.

Motif Glondahan

Batik Tegalan motif Glondahan (https://infotegal.com)

Merupakan motif lingkaran-lingkaran dengan bentuk godongan dan pacitan yang berbeda-beda. Pembuatan pacitan pada masing-masing lingkarannya tidak seragam, misalnya ada lingkaran dengan pacitan semut runtung, klabangan, beras mawur, buntut bajing dan lain-lain.

Motif Tambangan

Batik Tegalan motif Tambangan (https://infotegal.com)

Merupakan motif yang menyerupai tambang yang menyilang dan membentuk belah ketupat. Sedangkan di dalam belah ketupat tersebut terisi dengan godongan, pacitan dan isen-isen yang berbeda-beda.

Motif Tambangan menonjolkan bentuk tambang yang melintang dan penuh dengan isen-isen terlihat tumpang tindih bergantian, bentuk tambang dibuat besar sehingga mendominasi motif ini, sedangkan penggarapan godongan, pacitan hanya pelengkap yang mengisi bagian di antara tambang tersebut.

Motif Kitiran

Batik Tegalan motif Kitiran (http://tegaljawatengah.blogspot.com)

Nama motif Kitiran diambil dari bentuk pacitannya, yaitu pembuatan pacitan menyerupai bentuk kitiran yang sedang berputar. Pembuatan pacitan seluruhnya berupa kitiran, sedangkan bentuk godongannya berupa manukan (burung) dan daun dengan penggarapan isen-isen yang bervariasi.

Motif Belah Ketupat

Batik Tegalan motif Belah Ketupat (https://infotegal.com)

Motif ini berbentuk dua buah segitiga yang membetuk belah ketupat sedangkan masing-masing segitiga memiliki pacitan yang berbeda-beda. Pembuatan pacitan pada masing-masing segitiga yang membentuk belah ketupat berupa buntut bajing, gabahan, cecek awe-awe, sawud rentet dan lain-lain. Sedangkan pembuatan godongan hanya sebagai penyatu yang dibuat di antara/perbatasan segitiga satu dan lainnya yang berbentuk daun dan bunga.

Motif Dlorongan

Batik Tegalan motif Dlorongan (https://infotegal.com)

Motif ini berbentuk garis yang membujur miring dengan penggarapan pacitan dan godongannya di antara dua garis yang menyilang tersebut.

Motif Krikilan

Batik Tegalan motif Krikilan (https://infotegal.com)

Motif ini diambil berdasarkan pacitannya, yaitu berupa krikilan (batu- batu kecil) yang memenuhi ke seluruh permukaan kain batik di antara godongannya (daunnya). Motif krikilan menggunakan godongan berupa bentuk burung, daun dan bunga yang tersusun dengan keseimbangan yang matang. Bentuk burung digarap dengan ketelitian yang tinggi serta dengan mempertimbangkan segi-segi keharmonisan terutama dalam perwarnaan.

Sentra Pengrajin Batik Tegalan

Sedang membatik

Sentra industri batik di kabupaten Tegal sendiri kini tersebar di desa Bengle, Pasangan, Pangkah, Dukuhsalam, dan desa Sindang.

Sumber: banyumasnews

Follow me!

One thought on “Batik Tegalan Kabupaten Tegal Jawa Tengah

  1. Pingback: Batik Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.