Batik Rifaiyah Batang Jawa Tengah

Beragam motif Batik Rifaiyah atau Batik Tiga Negeri (https://travel.tempo.co)

Tidak kalah dengan Pekalongan, Kabupaten Batang pun menghasilkan kain batik yang juga indah, seperti yang dihasilkan oleh Batik Rifaiyah atau Batik Tiga Negeri di Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Batik ini masih menggunakan teknik-teknik kuno. Jadi kita masih menggunakan teknik seperti awal kita diajarin dulu. Tekniknya masih sama, motifnya sama, pewarnaannya juga sama.

Batik Batang Rifaiyah mendapat pengaruh dari ajaran agama Isam karena memang batik ini diciptakan pada saat dakwah agama Islam di Batang.  Nama Rifaiyah diambil dari nama organisasi kemasyarakatan  Islam yang didirikan oleh KH. Ahmad Rifai. Beliau terkenal sebagai seorang kyai yang anti penjajahan. Prinsip anti penjajahan ini diwujudkan dalam bentuk kemandirian bangsa. salah satunya melalui penciptaan batik rifaiyah.

Baca juga: Batik Tiga Negeri

Motif

Beragam motif Batik Rifaiyah atau Batik Tiga Negeri (https://jogjatv.tv)

Motif-motif yang digunakan dalam batik rifaiyah tidak boleh menimbulkan syirik bagi pembuat maupun pemakainya. Motif batik rifaiyah tidak ada yang menggunakan gambar makhluk hidup seperti manusia dan binatang. Kalaupun ada motif bergambar binatang biasanya bentuknya tidak sempurna atau hanya menyerupai saja. Penggambaran bentuk binatang maupun manusia dalam batik Rifaiyah selalu disamarkan.

Komunitas Galeri Batik Rifaiyah penghasil batik yang didirikan sejak 2012 ini telah mempunyai 24 jenis motif batik yang tidak pernah berubah. Namun, di masa sekarang mengalami penambahan motif lantaran permintaan pasar yang mulai beragam. Antara lain motif Pelo ati, Gendangan, Benji tambal, Kotak Kitir, Sigar Kupat, Kawung Jenggot, Ila Ili, Klasem, dan lainnya. Semuanya merupakan jenis batik tulis.

Beragam motif Batik Rifaiyah atau Batik Tiga Negeri (https://travel.kompas.com)

Warna

Batik Rifaiyah juga mempunyai warna serta motif yang dominan dihasilkan, yaitu warna merah, biru dan coklat. Ketiga warna tersebut pun berasal dari berbagai daerah.

Merah, biru, cokelat. Merah ke arah Tiongkok, coklat itu ke Mataraman, yaitu Yogyakarta dan Solo. Kalau biru itu pesisir, Lasem sampai Cirebon itu. Jadi Batik Rifaiyah batik multikultur.

Keduanya bertemu tradisi muslim sebagai penggambaran, seperti menggambar makhluk hidup tidak boleh menyerupai, dan lahir dari pesantren-pesantren lingkungan muslim.

Waktu Pembuatan

Pembuatan batik Batik Rifaiyah atau Batik Tiga Negeri tersebut memakan waktu enam bulan, mulai proses penggambaran hingga siap dijual.

Sentra penjualan
Tempat penjualan Batik Rifaiyah atau Batik Tiga Negeri di sentra batik Syafi’iah di Jalan Mataram III, Rt 02 Rw 02, Kalipucang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.