Batik Bontang Kalimantan Timur

Sayid Abdul Kadir Assegaf dengan Batik khas Bontang, Batik Kuntul Perak (https://bontang.prokal.co)

Batik Bontang dikenal juga dengan nama Batik Kuntul Perak telah mendapatkan pengakuan dari Dirjen HAKI pada tahun 2011. Batik ini merupakan hasil pemikiran dan karya putra asli Bontang yang peduli dengan kearifan lokal daerahnya, yakni Sayid Abdul Kadir Assegaf.

Burung Kuntul Perak adalah maskotnya Kota Bontang, burung penetap dan berkaki panjang. Ukurannya di antara Burung Kuntul Besar dan Kuntul Kecil. Karakteristik Kuntul Perak bersarang dan berkoloni bersama burung air lainnya.

“Burung Kuntul Perak ini karakteristiknya sama dengan masyarakat Bontang, salah satunya sebagai burung pendatang dan berenerjik. Begitupula masyarakat Bontang yang sebagian besar adalah pendatang, berkelompok dari berbagai suku yang berbeda. Enerjik sendiri bisa diartikan sebagai pekerja, karena masyarakat Bontang mayoritas adalah karyawan dua perusahaan nasional, Pupuk Kaltim dan Badak LNG,” ucap Kadir yang menerangkan filosofi brand batiknya.

Beragam motif Batik Bontang (https://infobatik.id)

Pada 2009, Pemerintah Kota Bontang melalui Disperindakop melaksanakan pelatihan membatik di Yogyakarta. Pelatihan ini bekerjasama dengan Balai Pelatihan Batik Yogyakarta. Karena dirasa kurang maksimal, Pemkot Bontang kembali menggelar pelatihan yang sama di Bontang dan kala itu diikuti sebanyak 25 peserta.

Berselang dua tahun, dari puluhan peserta tersebut hanya menyisakan dua orang saja yang konsisten dan bertahan menggeluti kerajinan batik ini, yakni Kadir dan saudaranya. Sehingga di tahun 2011 itu, Kadir membuat beberapa contoh kain dan didaftarkan ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HAKI). Hal ini ia lakukan agar dikemudian hari kelak tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Motif

Motif Batik Kuntul Perak yang pertama kali lahir berjumlah sembilan jenis motif. Yakni Motif Kuntul Perak, Motif Pohon Mangrove, Motif Mangrove dan Kuntul Perak, Motif Mangrove dan Daun Anggrek, Motif Daun Anggrek dan Kuntul Perak, Motif Kuntul Perak dan Taburan Batu, Motif Mangrove dan Taburan Batu, Motif Kuntul Perak dan Tanahan Serat Kayu. Yang terakhir, Motif Kuntul Perak dan Mangrove Tanah Remukan. Hingga saat ini, Batik Kuntul Perak telah mencapai ratusan motif batik.

One thought on “Batik Bontang Kalimantan Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.