Batik Balikpapan Kalimantan Timur

Batik Shaho

Ide membuat batik Balikpapan bermula lantaran belum ada ciri Balikpapan dalam batik yang biasa dikenakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Balikpapan maupun masyarakat umum. Padahal ada flora dan fauna yang khas Balikpapan yang bisa dijadikan corak dalam batik, seperti mangrove (bakau), jahe Balikpapan, hingga beruang madu.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Balikpapan Hj Arita Rizal Effendi mengutarakan batik Balikpapan kini mulai tumbuh berkembang. “Sejak tiga kali pelatihan batik khas Balikpapan yang kami gelar mulai tumbuh pengrajin batik di sini, seperti Batik Shaho, Arnesta Batik, dan lain-lain,” tutur Arita. Bahkan, pesanan dari pembeli pun sudah banyak berdatangan.

Motif (*)

Akar Pakis

         

Pakis merupakan salah satu jenis tanaman pohon yang memiliki dua jenis warna batang pakis, yaitu hitam dan coklat. Pakis hitam tidak asing dijadikan sebagai media tanam. Bahkan bisa digunakan sebagai media tanam berbentuk lempengan persegi yang siap pakai. Media tanam pakis membuat perakaran tanaman tetap terlindung dari hama untuk jangka waktu lama. Juga mengandung unsur hara sebagai suplemen penambah nutrisi tanaman. Bertekstur lunak sehingga akar tanaman tumbuh lebih leluasa. Juga, memiliki daya tahan lebih lama dengan daya lapuk relatif lama yang terjadi secara perlahan.

Beruang Madu

         

Beruang Madu (Helarctos Malayanus) adalah Maskot Kota Balikpapan. Merupakan spesies beruang terkecil di dunia dan juga salah satu yang paling unik. Memiliki ciri khas bulu putih di bagian dadanya yang berbentuk U dan merupakan hewan langka yang dilindungi. Populasi Beruang Madu secara drastis menurun karena terancam oleh perburuan dan hilangnya habitat alami mereka.

Mangrove

         

Hutan Mangrove disebut juga Hutan Bakau, adalah hutan yang tumbuh di air payau. Banyak ditemukan di Balikpapan dan Kalimantan Timur. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawa dari hulu.Fungsi dan Manfaat Hutan Mangrove sangat penting bagi ekosistem hutan, air dan alam sekitarnya.

Pengrajin Batik

Batik Shaho

Beragam Motif Batik Shaho (http://godiscover.co.id)

Di namai Shaho karena mengambil dari singkatan nama depan seluruh anggota keluarga, yaitu Supratono, Haryati, Ardi, Hendri, dan Oki. Sejak tahun 1993, Keluarga ini mulai menggeluti batik, setelah sebelumnya mereka mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemkot Balikpapan.

Motif 

Sejak pertama membatik, SHAHO telah mengenalkan motif yang menggabungkan unsur tradisional dan modern. Salah satu ciri yang dipertahankan adalah motif ukiran khas Kalimantan.

Motif tersebut banyak dijumpai pada corak ukiran atau lukisan Dayak Kenyah dan Bahau. Motif lainnya yang baru dikembangkan ialah tumbuhan kantong semar yang cukup digemari.

Shaho Batik
Jln. LKMD Km. 03 (Belakang Kampus Universitas Tri Darma)
RT 5 No 4, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan, Kalimantan Timur
Telp: +62 813 4624 1922
E-mail: okihendro@yahoo.com

Batik Ampiek

Beragam Motif Batik Rumah Ampiek (http://godiscover.co.id)

Ampiek adalah bahasa Kutai yang memiliki arti kain ukiran. Oleh Emi Alaydrus, Ampiek selanjutnya dijadikan nama motif batik karyanya, sekaligus sebagai nama usaha.

Motif

Inspirasi Ampiek Balikpapan adalah geografi kota ini, yaitu: hutan, bukit dan laut. Dari ketiganya, muncul pola akar bakau, karamunting dan duyung dugong.

Rumah Ampiek
Jl Jend Sudirman, Kompl Balikpapan Permai Blok L No 16, Balikpapan, Kalimantan Timur
Telp: (62) 542 426 216

Arnesta Batik

Beragam Motif Arnesta Batik (https://pikstagram.org)

Arnesta berasal dari nama kedua anak Rones Triyono. Nama itu dipilihnya sebagai upaya mengayomi, memelihara dan mengembangkan batik, layaknya membesarkan sang anak. Rones Triyono yang lahir di Kampung Batik Trusmi Cirebon Jawa Barat.

Motif

Motif Arnesta lahir dari perkawinan adopsi, modifikasi dan pengembangan. Rones mendapatkan inspirasi desain dari kesenangannya memperhatikan alam sekitar, baik saat memancing, ataupun saat jalan bersama keluarga.

Batik Arnesta mengambil dua tema besar Balikpapan, yakni laut dan darat. Motif yang diciptakan terinsiprasi dari pakis Balikpapan, tanduk rusa, buah naga, kapal, gelombang, pesona bawah laut. Pola ini dipadukan dengan unsur Dayak untuk memperkuat unsur Kalimantan-nya.

Arnesta Batik
Jl. Mulawarman I No. 19 RT 29, (Samping Lapangan AURI), Sepinggan Raya, Balikpapan, Kalimantan Timur
Kontak : +62 821 52808080, SMS +62 853 5353 9090

(*) Dekranasda, Balikpapan, Kalimantan Timur

One thought on “Batik Balikpapan Kalimantan Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.