Air Terjun Bernama Bidadari yang Oke Banget Kamu Kunjungi

Air Terjun Bidadari Blitar

Bidadari selama ini diidentikan dengan segala hal yang berhubungan dengan kecantikan dan keindahan. Karena itu, gak heran jika perempuan dengan paras elok sering dikatakan punya kecantikan seperti bidadari.

Nah, mungkin karena alasan itu juga banyak objek wisata di Indonesia yang mengusung nama bidadari karena dikatakan punya panorama yang elok. Ini dia daftar air terjun bernama bidadari yang populer di kalangan traveler.

1. Curug Bidadari Sentul

Kawasan Sentul gak cuma punya sirkuit balapan, lho. Di sini, kamu juga bisa menemukan beragam spot yang cocok untuk liburan. Nah, kalau kamu ingin yang segar-segar, kamu bisa langsung meluncur ke Curug Bidadari.

Berada di Sentul Paradise Park, panorama dan suasana air terjun ini memang memesona dan pas banget untuk selfie atau refreshing. Selain itu, disediakan pula aneka wahana seperti flying fox, perahu, serta penyewaan pelampung.

Lokasi: Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Jam operasional: Weekdays dari pukul 08.00 – 17.00, Weekend dari pukul 07.30 – 18.30
Tiket: Weekdays dipungut biaya Rp 25.000/orang. Weekend tarifnya Rp 40.000/orang. Untuk mobil Rp 10.000, dan motor Rp 4000.

2. Curug Bidadari Pekalongan

Air terjun ini dinamakan demikian konon karena sering dipakai mandi seorang putri yang hanya muncul pada malam-malam tertentu. Terlepas dari benar atau tidaknya kisah tersebut, Curug Bidadari memang eksotis. Dikelilingi tebing batu tinggi, setidaknya ada 5 ceruk aliran air yang menyerupai kolam renang mulai yang dangkal hingga sangat dalam.

Lokasi: Desa Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Bidadari Karanganyar

Air Terjun Bidadari Karanganyar (https://www.qupas.id)

Tepatnya di kawasan Tenggir Park, salah satu wisata favorit warga untuk destinasi liburan. Jadi, saat liburan ke sini, kamu nggak hanya bisa menikmati panorama air terjun saja. Beberapa lokasi menarik di Tenggir Park, mulai gardu pandangan, camping ground hingga penginapan berupa rumah honai Papua juga ada di objek wisata ini.

Lokasi: Tenggir Park, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Air Terjun 7 Selendang Bidadari Mojokerto

Air Terjun 7 Selendang Bidadari (http://sinyoureh.blogspot.com)

Bukan cuma namanya saja yang cantik, pesona yang ditawarkan air terjun ini memang sangat kece. Punya ketinggian sekitar 7 meter dan aliran yang gak begitu deras, kamu bakal menemukan tempat yang asri dan alami.

Oh ya, Air Terjun 7 Selendang Bidadari bisa kamu temukan di Desa Rejosari, Jatirejo, Mojokerto. Untuk menuju tempat ini, lebih disarankan memakai sepeda motor. Dari tempat parkir, kamu masih perlu berjalan kaki sekitar 2 km untuk sampai di air terjun.

Lokasi: Desa Rejosari, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur.

5. Coban Bidadari Malang

Kalau Malang bagian selatan terkenal akan keindahan pantainya, maka air terjun menjadi keunggulan Malang sisi timur. Di sini, ada banyak coban yang punya panorama mengagumkan, salah satunya Coban Bidadari.

Terletak di Desa Gubukklakah, Poncokusumo, air terjun ini berada satu jalur jika kamu hendak ke Bromo. Berada di kaki Gunung Semeru, selain panorama yang luar biasa dan air terjun yang menyegarkan, banyak spot yang oke buat hunting foto.

Lokasi: Desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

6. Air Terjun Bidadari Blitar

Air Terjun Bidadari Blitar (https://www.qupas.id)

Awalnya bernama Jurug Kedung Golek, tempat ini berlokasi di Desa Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Dari pusat kota, kamu bisa menuju Sutojayan, lalu ke arah Pantai Serang, kemudian menuju Desa Panggungrejo.

Di sini, pelancong akan dimanjakan dengan air terjun bertingkat. Jika dilihat-lihat, Air Terjun Bidadari ini punya tiga tingkatan yang makin melebar di bagian bawah. Kalau kamu ingin basah-basahan, bisa langsung ke kolam bawah air terjun yang cukup dangkal.

7. Air Terjun Bidadari Magetan

Air Terjun Bidadari Magetan (https://travelingyuk.com)

Daerah Jawa Timur lainnya yang punya air terjun bernama bidadari adalah Magetan. Terletak di Plumpung, Plaosan, air terjun ini punya ketinggian sekitar 10 meter dengan aliran air yang tidak langsung jatuh, melainkan mengikuti alur tebing.

Spot wisata ini tergolong anyar karena baru dibuka tahun 2018. Air Terjun Bidadari melengkapi spot serupa yang lebih dulu terkenal seperti Air Terjun Tirtasari, Air Terjun Pundak Kiwo, dan Air Terjun Jarakan.

Lokasi: Desa Plumpung, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur.

8. Air Terjun Bidadari Kayong Utara

Air Terjun Bidadari Kayong Utara (https://www.qupas.id)

Untuk bisa sampai ke area wisata ini, perlu persiapan fisik yang matang. Harus mendaki Gunung Cabang dengan ketinggian 1030 meter di atas permukaan laut. Bahkan, sebelumnya akan menempuh jarak sekitar 30 kilometer untuk bisa sampai ke Dusun Kelumpang, ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Lokasi: Dusun Kelumpang, Desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat.

9. Air Terjun Tangga Bidadari Kutai Timur

Air Terjun Tangga Bidadari Kutai Timur (https://www.youtube.com)

Nama Kalimantan Timur akhir-akhir ini menjadi topik hangat lantaran ditunjuk menjadi lokasi baru ibu kota Indonesia. Nah, kalau kamu datang ke sini, sudah ada banyak objek wisata keren yang bakal menyambutmu, salah satunya Air Terjun Tangga Bidadari.

Air terjun ini bisa dikatakan sebagai surga yang tersembunyi. Memang air terjunnya tidak terlalu tinggi, tetapi tempat ini diklaim sangat menyenangkan dan cocok buat menghilangkan penat.

Lokasi: Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

10. Air Terjun Tiga Bidadari Halmahera

Beralih ke Indonesia bagian timur, ada Air Terjun Tiga Bidadari yang elok di Maluku Utara. Tempat wisata ini tepatnya sekitar 45 km dari Bandara Buli.

Terdiri dari bebatuan kapur dengan ketinggian sekitar 100 meter dan lebar 20 meter di bagian paling bawah, air terjun ini memang amat memesona. Namun, untuk bisa mencapai spot ini, kamu harus trekking dulu melewati sawah dan perbukitan.

Lokasi: Desa Daka Ino, Kecamatan Wasile Timur, Halmahera Timur, Maluku Utara.

Sumber: idntimes

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.