TWA Telaga Warna dan Telaga Pengilon Wonosobo Jawa Tengah

TWA Telaga Warna dan Telaga Pengilon (https://www.trivindo.com)

TWA Telogo Warno dan Telaga Pengilon yang berada pada kawasan Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.100 m di atas permukaan laut (mdpl) termasuk dalam wilayah Desa Jojogan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provensi Jawa Tengah. Kawasan ini menurut klasifikasi Schmidt dan Fergusson mempunyai tipe iklim B dengan nilai Q = 21,80%, suhu maksimum 15-20° C dan suhu minimum 5-10° C, bahkan kadang-kadang suhu dapat mencapai 1° C, oleh sebab itu di musim hujan sering terjadi hujan es yang mengakibatkan kerusakan tanaman pertanian.

Flora

TWA Telogo Warno dan Pengilon mempunyai tipe hutan pegunungan, dengan jenis-jenis flora antara lain Akasia (Acacia deccurens), Pinus (Pinus merkusii) dan Bintami (Podocarpus sp.).

Fauna

Keragaman fauna yang ada kawasan ini antara lain Mliwis atau Itik Gunung (Anas superciliosa) yang biasa terlihat berenang di antara rumput Wlingi yang tumbuh pada tepi kedua telaga ini, Burung Tekukur (Streptopelia chinensis), Kepodang (Oriolus Streptopelia chinensis), Kepodang (Oriolus chinensis), Kacer (Copsychus saularis), Emprit (Lonchura sp.), Plentet (Lanius schach) serta Ikan Bader Bang (Puntius bramoides).

Keunikan Telogo Warno dan Pengilon

Telaga Pengilon (https://today.line.me)

Telaga Warno merupakan danau air tawar yang permukaannya tampak berwarna-warni, sedangkan Telaga Pengilon permukaannya bening seperti cermin (Bahasa Jawa : pengilon = cermin). Kedua telaga ini letaknya berdekatan pada hamparan Dataran Tinggi Dieng yang terletak pada ketinggian ± 2.100 m di atas permukaan laut (mdpl). Pada Telogo Warno terdapat kawah yang mengeluarkan belerang, yang bila bercampur dengan air telaga akan menimbulkan warna-warni bila terkena sinar matahari. Uniknya, meskipun letaknya bersebelahan dengan Telogo Warno, air di Telogo Pengilon tetap tawar, sehingga kita dapat menemukan ikan yang hidup di telaga ini.

Obyek Wisata

Di antara Telogo Warno dan Telogo Pengilon terdapat sebuah pulau kecil yang di dalamnya terdapat tiga buah gua, yaitu Gua Semar, Gua Jaran dan Gua Sumur. Masing-masing gua tersebut mempunyai legenda atau mitos tersendiri.

Aksesibilitas

Untuk mencapai TWA Telogo Warno dan Pengilon dapat ditempuh rute Semarang – Temanggung – Wonosobo – Dieng, lokasi dengan jarak ± 150 km dan waktu tempuh ± 3,5 jam.

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.