Sanggul Sumatera Utara

Sanggul Timpus

Dahulu kala, baik rambut pria maupun rambut wanita sama-sama panjang karena pada masa itu belum ada alat-alat yang praktis untuk memotong rambut. Kaum pria kurang mementingkan tata rias rambut, tetapi bagi wanita Batak hal ini penting sekali. Menurut anggapannya, makin panjang rambutnya mereka merasa mempunyai kelebihan dari wanita lain. Rambut yang panjang yang panjang itu harus disanggul. Sanggul itu disebut siporhot.

Jika seorang wanita Batak membiarkan rambutnya terurai atau tidak ditata, ia akan menjadi buah mulut atau dianggap sebagai wanita pemalas.

Bentuk sanggul wanita Batak pada mulanya sama, yaitu berbentuk bulat menonjol dan diletakkan sedikit di atas tengkuk atau sedikit melewati pusar rambut.

Sanggul anak gadis biasanya terdiri dari 2 bulatan konde yang terletak di belakang telinga. Akan tetapi, karena keadaan serta situasi tiap sub suku, masyarakat Batak memiliki jenis sanggul yang khas, di samping sanggul bulat yang umum. Berikut ini akan diperkenalkan sanggul-sanggul Batak, baik nama maupun cara penataannya.

Jenis sanggul daerah Batak

1. Sanggul Batak Toba

Sanggul Timpus

Sanggul Batak toba disebut sanggul Timpus. Seperti namanya, timpus ‘membungkus’, selain bertujuan merapikan rambut, sanggul ini berfungsi sebagai penyimpanan alat-alat yang sangat perlu, misalnya daun sirih. Daun sirih inilah yang menjadi hiasan rambut atau sanggul itu.

Selain sirih berfungsi mengencangkan konde, juga dipakai berbagai ragam peniti. Bagi orang berada, alat pengencang konde itu dapat berupa peniti (tusuk konde) yang terbuat dari emas atau perak, sedangkan bagi orang yang kurang berada dapat mempergunakan tusuk konde yang terbuat dari tulang atau duri landak.

Cara Menata Rambut

Cara menata rambut itu cukup dengan membelahnya pada bagian tengah kepala sampai ke ubun-ubun. Dengan belahan tengah itu rambut mudah diatur dan letaknya tetap. Seluruh rambut disatukan pada bagian belakang kepala, kemudian diputar dengan rapi sampai ke ujung, lalu disatukan dan dimasukkan ke dalam rambut sebelah kanan sehingga berbentuk pusaran.

2. Sanggul Batak Karo

Sanggul Batak karo disebut Sanggul Rayam

Bentuk sanggul

Sanggul untuk remaja putri berbentuk siput, sedangkan untuk kaum ibu berbentuk bulat. Sanggul remaja diletakkan di bawah pusaran rambut, sedangkan sanggul kaum ibu diletakkan di atas tengkuk.

Cara membentuk sanggul

  • Seluruh rambut disisir ke belakang agak ke atas
  • Seluruh rambut diputar ke arah kiri, kemudian dimasukkan ke bagian dalam sehingga berbentuk siput dan letakkan persis di bawah pusaran

3. Sanggul Batak Angkola-Mandailing

Sanggul Bujing Majeges

adalah Sanggul Bujing Majeges. Bentuk sanggul ini bulat menonjol dan letaknya di belakang tengah kepala dan diberi hiasan supi-supi.

Cara membentuk sanggul

  • Semua rambut diikat di belakang bagian tengah kepala
  • Rambut diputar dengan baik dan rapi hingga berbentuk lingkaran yang bagian dalamnya menonjol ke luar

Ornamen sanggul

Aksesoris Sanggul

  • Pada sanggul remaja putri dipakai anting-anting atau supi-supi.
  • Pada sanggul kaum ibu dipakai hiasan krabu.

4. Sanggul Batak Simalungun

Sanggul Batak Simalungun bernama Pupuy Bartong

Bentuk sanggul

Bentuk sanggul ini seperti buah aren atau mayang terutai (buah bagot), dan letaknya di sebelah kanan kepala dengan hiasan:

  • Setangkai kembang pinang di atas sanggul
  • Rambut yang ke bawah diberi manik-manik berantai terutai seperti buah aren
  • Di atas kuping; pada rambut sebelah kiri dan kanan diberi hiasan sutting. Dahulu sutting ini ditaruh di atas kuping (pada lubang kuping bagian atas). Karena bagian atas kuping wanita sekarang tidak berlubang lagi, sutting ditaruh pada rambut. Pada acara resmi di atas rambut atau kepala dipakaikan lagi hiasan ulos bulang yang bentuknya menyerupai topi.

Cara membentuk sanggul

  • Rambut disisir, lalu diikat, dan ditaruh di sebelah kanan atas yang kemudian ditekuk di belakang kuping.
  • Ujung rambut dililitkan dan dijatuhkan sampai ke tengkuk, sedangkan sisanya dililitkan dua kali tepat pada pusat ikatan.

5. Sanggul Nias

Sanggul Nias

Sanggul ini berbentuk bulat dan terletak di belakang tengah kepala di bawah pusaran. Hiasannya berupa tusuk konde emas disekeliling konde.

One thought on “Sanggul Sumatera Utara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.