Masjid Al Mustofa Bogor Utara Kota Bogor Jawa Barat

Masjid Al Mustofa (https://okezone.com)

Masjid Al Mustofa terletak di Jl. Ceremai Ujung, Kampung Bantarjati Kaum, RT 04 RW 10, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Tidak hanya menyimpan sejarah mengenai penyebaran islam, masjid ini juga salah satu yang tertua di kota hujan.

Sejarah

Masjid Al Mustofa (https://bimasislam.kemenag.go.id)

Masjid ini dibangun oleh dua orang penyebar Islam asal Banten yang bernama Tubagus H Mustofa Bakri dan Raden Dita Manggala asal Cirebon pada tahun 1728 M.

Arsitektur

Arstektur Masjid Al Mustofa memberikan sedikit sentuhan dari pendirinya, memadukan arsitektural unsur Cirebon dan Banten.

Bangunan

Masjid yang pada mulanya dibangun seluas 11 x 35 meter itu sekarang sudah diperluas menjadi 15 x 50 meter.

Masjid ini berbentuk persegi panjang. Di depan bangunan terpampang sebuah kaligrafi huruf berwarna emas, kontras dengan latarnya berwarna hijau lumut.

Ruangan

Masjid ini hanya memiliki satu ruangan utama untuk salat berjamaah, dan satu ruangan untuk mengaji anak anak di sekitar masjid.

Mihrab dan Mimbar

Masjid Al Mustofa (https://kumparan.com)

Mihrab dan Mihrab berbentuk dua cerukan dengan pola melengkung diatasnya. Lebar masing-masing cerukan sekitar 1 meter dengan kedalaman 2 meter.

Podium sederhana, berupa meja kecil yg tinggi ditutup taplak warna merah tua yg sudah usang. Di atas kanan dan kiri mihrab terpasang ornamen kaligrafi sederhana, berpigura uk 35 x 35 cm bertuliskan Allah dan Nabi Muhammad SAW. Ditengah, antara dua cerukan terpasang kaligrafi dalam bendera ukuran 40 x 80 cm. Kecilnya huruf membuat sulit dibaca.

Pemugaran

Sekalipun sudah beberapa kali mengalami pemugaran, corak asli dari bangunan masjid masih tetap dipertahankan, hanya saja materialnya disesuaikan mengikuti kebutuhan. Bangunan berupa tiang yang ada di dalam masjid misalnya, dulunya terbuat dari kayu jati dengan sembilan goresan yang menyimbolkan Walisongo, sekarang diganti menjadi beton meski tidak menghilangkan struktur maupun ornamen yang ada di dalamnya.

One thought on “Masjid Al Mustofa Bogor Utara Kota Bogor Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.