Masjid Agung At Tohiriyah Bogor Selatan Kota Bogor Jawa Barat

1

Masjid Agung At Tohiriyah (https://bujanglanang.blogspot.com)

Masjid Agung At Tohiriyah terletak Jl. Empang 1 No.1, RT.01/RW.02, Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Di masa lalu, Daerah Empang dikenal juga dengan nama Soeka Ati, dan menjadi pusat pemerintahan di Kabupaten Bogor. Adapun kantor yang mengurusi pemerintahan Kabupaten Bogor berada di bagian selatan dari masjid agung ini. Kini, bangunan tersebut sudah beralih fungsi menjadi Sekolah Taman Kanak-Kanak dan Kantor Persatuan Wanita Departemen Agama.

Pada Abad 19 Masjid ini di gunakan sebagai tempat shalat jum’at para demang yang datang membawa kuda dan menaruh atau mengikat nya di alun-alun kemudian mereka mandi di sungai Cisadane dan di lanjutkan shalat Jum’at.

Sejarah

Masjid Agung At Tohiriyah (https://www.sejarahbogor.com)

Masjid Agung At-Tohiriyah dibangun pertama kali di tahun 1817 oleh Raden Muhammad Thohir diatas lahan seluas lebih kurang 750 meter persegi. Raden Muhammad Thohir adalah cucu dari Dalem Cikundul Cianjur alias Raden Arya Tanu Datar  Bin Aria Wangsa Goparana (1677-1691) Bupati Cianjur Pertama.

Pembangunan masjid dilanjutkan oleh salah satu putranya yaitu R.Adipati Wiranata (Dalem Wiranata/Dalem Sepuh) yang wafat di Mekah. Kemudian disempurnakan pembangunannya oleh salah satu cucunya R.Adipati Soerya Winata alias RH Muhammad Sirodz – Regent/Bupati Bogor pertama yang dikenal dengan sebutan “Dalem Sholawat”, wafat (13-05-1872).

Ketika pertama kalinya dibangun, bentuk bangunan masjid ini masih tradisional dengan atap berbentuk atap joglo, nama At-Thohiriyah diberikan untuk mengabadikan nama pendirinya.

Pemugaran

Pada tahun 1927, Sayyid Alwi bin Ismail Alaydrus mewakafkan tanahnya yang berada di sebelah barat Masjid Agung seluas kurang lebih 750 meter persegi. Lalu di tahun 1935, Habib Abdillah bin Muhammad Assegaf  mewakafkan tanahnya yang ada di sebelah utara masjid dengan luas kurang lebih 900 meter persegi.

Pada tahun 1935, bentuk keseluruhan bangunan masjid ini mengalami perubahan oleh Al Arifbillah Alhabib Alwi bin Muhammad Thohir Alhaddad yang berguru kepada A Arifbillah Alhabib bin Muhsin Al Attas. Masjid ini dibangun ulang dengan menggunakan bahan tembok permanen, serta menambah luas masjid menjadi seperti yang kita lihat sekarang.

Meski begitu, masih ada beberapa bagian kecil dari bangunan lama yang tetap dipertahankan, yaitu empat sokoguru utama masjid yang masih berdiri kokoh di tengah ruangan Masjid, lengkap dengan mimbar dan mihrab. Empat sokoguru itu menyimbolkan empat sahabat utama Rasullullah dan empat arah mata angin.

admin

One thought on “Masjid Agung At Tohiriyah Bogor Selatan Kota Bogor Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Jami Al Istiqomah Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat

Sat Oct 5 , 2019
Masjid Jami Al Istiqomah (https://jabarnews.com) Masjid Jami Al Istiqomah terletak Jl. Sawangan Raya No.32, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok 16433, Jawa Barat Sejarah Masjid Jami Al Istiqomah (https://sindonews.com) Merupakan masjid pertama yang di bangun di Depok tahun 1829 oleh keturunan Sunan Kudus dengan tujuan masyarakat Depok memiliki pedoman […]

Terjemahan

Disewakan Kamar H-1216, Apartemen Mares 2, Depok, Jawa Barat

Wisma “Putranto” Kos dekat Sekip UGM Yogyakarta

Hipertensi “The Silent Killer”

Kalung Etnik Kalimantan Selatan

Imunitas anak & Essenzo Cinnamon Bark Essential Oil