Kampung Wisata Pakualaman Kota Yogyakarta DI Yogyakarta

Pura Pakualaman Yogya (https://jogjamotor.net)

Secara kewilayahan Kampung Wisata Pakualaman sebagian berada di wilayah Kelurahan Gunungketur dan sebagian diwilayah Kelurahan Purwokinanti Kecamatan Pakualaman, Kotamadya Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah

Terkait dengan keberadaan wilayah Pakualaman tidak bisa lepas dari keberadaan Istana Kadipaten Puro Pakualaman dan Pangeran Natakusumo (Putra Sultan Hamengkubuwono I) yang kemudian bertahtakan menjadi Paku Alam I.

Sebagai pusat Pemerintahan Istana Puro Pakualaman juga dilengkapi dengan Alun-alun (Sewandanan) Masjid, Pasar serta kawasan pemukiman penduduk dan abdi dalem untuk para petinggi istana.

Potensi

Bregada Lombok Abang berjalan memimpin keluar dari Pura Pakualaman. Upacara pergantian bregada jaga ini bagian dari atraksi wisata budaya.(https://radarjogja.jawapos.com)

Kampung wisata ini juga memiliki potensi daya tarik pendukung lengkap mulai dari seni Karawitan, Jemparingan (Panahan Tradisional),  Kerajinan Batik tulis motif khas Puro Pakualaman, Kerajinan berbahan dasar bambu, kuningan, kayu, dll, juga tersedia di Kampung Wisata Pakualaman.

Sedangkan dibidang kuliner tradisional tersedia jamu tradisional “Jamu Ginggang” kemudian juga ada enting-enting, Gudeg Permata serta adanya kawasan pusat jajanan dan kuliner Sewandanan yang juga menyediakan kuliner khas es krim rujak.

Dibidang sarana akomodasi juga tersedia Homestay, Pondok Wisata maupun Hotel. Selain potensi terssebut Kampug Wisata Pakualaman bekerjasama dengan pihak Puro Pakualaman juga memberikan kesempatan kepada pengunjung Kampung Wisata untuk menikmati dan menyaksikan koleksi museum Istana Puro Pakualaman khususnya koleksi Kereta Kencana dan barang-barang koleksi lainnya.

Disisi lain juga terdapat atraksi budaya yang sangat menarik yaitu gelar profesi pergantian tugas jaga Kraton Kadipaten Pakualaman yang digelar setiap selapan hari atau setiap 35 hari sekali. Dalam gelaran upacaraa ganti jaga juga dimeriahkan dengan gelaran kesenian rakyat seperti Jathilan maupun atraksi lainnya. Agenda gelar budaya adat dan tradisi yang diselenggarakan setiap tahun yaitu Grebeg Kampung.

Informasi lebih lanjut

Kampung Wisata Pakualaman
Jl. Masjid No. 44, Kelurahan Gunungketur, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta 55111, Daerah Istimewa Yogyakarta
CP: +62 856 2859 408 (Arif Hidayat)

One thought on “Kampung Wisata Pakualaman Kota Yogyakarta DI Yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.