Kampung Wisata Kauman Kota Yogyakarta DI Yogyakarta

Gapura Kampung Wisata Kauman Yogyakarta (https://pariwisata.jogjakota.go.id)

Kampung Wisata Religi Kauman berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Ngupasan Kecamatan Gondomanan, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan lokasinya persis berada disisi barat alun-alun utara, hanya 10 menit jalan kaki dari Kraton Kasultanan Yogyakarta serta 15 menit menuju ke Malioboro. Dari Malioboro berbelok ke kanan menuju ke barat melewati Jl. K.H Ahmad Dahlan, selanjutnya di selatan jalan setelah RS PKU Muhammadiyah wisatawan akan menemukan gapura Kauman

Keberadaan Kampung Wisata Religi Kauman posisinya sangat strategis sekali dan didukung dengan bangunan cagar budaya yang sekaligus Kagungan Dalem Kasultanan yaitu Masjid Gede Kauman serta adanya tempat-tempat bersejarah terkait dengan perjalanan tokoh nasional sekaligus pendiri Muhammadiyah yaitu K.H Ahmad Dahlan selain itu juga berdekatan dengan obyek wisata Museum Sonobudoyo.

Sejarah

Langgar ini digunakan KH Ahmad Dahlan untuk berdakwah semasa hidupnya (https://www.tribunnews.com)

Sultan Hamengku Buwono I waktu itu sedang mengumpulkan para ulama yang tinggal di sekitar Masjid. Selain para ulama, juga hadir para ahli agama atau ketib/penghulu yang menetap di masjid tersebut. Selanjutnya masing-masing mendirikan langgar yang berfungsi sebagai pesantren di tempat tersebut. Selain itu Sultan juga telah menyiapkan 40 abdi dalem yang diperintahkan untuk memakmurkan masjid tersebut. Selanjutnya orang-orang yang tinggal di sekitar masjid tersebut adalah orang yang menegakkan ajaran Islam yang dikenal sebagai Qaaimuddin yang kalau diucapkan dalam lidah jawa menjadi pakauman dan selanjutnya lebih dikenal dengan nama Kauman.

Penempatan seorang abdi dalem yang bernama Pamethakan yang diberi tugas mengurusi bidang keagamaan inilah sejarah lahirnya kampung Kauman. Pada zaman kerajaan kampung Kauman menjadi tempat bagi 9 ketib atau penghulu untuk mengurusidan membawahi urusan agama. Seiring dengan perkembangan waktu komunitas santri di Kauman semakin berkembang dalam ikatan persaudaraan dan keagamaan.

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta (https://jogja.tribunnews.com)

Kampung Kauman sejak tahun 1900 – 1930 mempunyai kesetaraan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai andi dalem Keraton dan penghasil karya-karya batik merupakan sumber mata pencaharian masyarakat pada waktu itu. Perkembangan pengetahuan agama masyarakat tersebut semakin maju karena didapat dari pondok pesantren di tempat tersebut.

Bangunan di kauman sangat beragam corak dan bentuknya, beberapa rumah kampung disini memiliki pintu, jendela dan rungan yang relatif besar. Ventilasi rumah berhias kaca warna merupakan hiasan rumah bergaya arsitektur Eropa. Terdapat Gapura yang berbentuk lengkung pada jalan masuk kampung Kauman.

Di bulan Ramadhan Kampung Wisata Kauman sangat ramai dikunjungi wisatawan domestik dari berbagai daerah karena digelarnya wisata religi yang menyatu dengan agenda yang sudah di programkan Takmir Masjid Gede Kauman. Disisi lain juga disediakan paket napak tilas perjalanan Syiar Agama Islam yang dilakukan oleh K.H Ahmad Dahlan dan Nyi Ahmad Dahlan memalui paket Ramadhan di Kauman.

Informasi lebih lanjut

Kampung Wisata Kauman
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Ngupasan Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
CP: +62 816 4228 249 (Wahida)

One thought on “Kampung Wisata Kauman Kota Yogyakarta DI Yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.