Desa Wisata Banjaroya Kulon Progo DI Yogyakarta

Desa wisata Banjaroya (https://visitingjogja.com)

Desa wisata Banjaroya (Dewa Bara) merupakan salah satu desa di lereng perbukitan Menoreh. Secara administrasi, desa Banjaroya masuk dalam wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Perbukitan Menoreh sendiri memang dikenal sebagai kawasan wisata alam.

Mayoritas  penduduknya adalah petani pekebun dan  penderes nira (bahan dasar pembuat gula jawa). Pertanian di Banjaroya sebagian besar adalah pertanian lahan kering. Salah satu produk pertanian unggulan Desa Banjaroya adalah durian lokal yang dibebri nama durian menoreh, dan telah mendapatkan SK Mentan No. 317/ KPTS/ SR 120/ 5/ 2007 sebagai durian unggulan nasional.

Aktivitas

Desa wisata Banjaroya (http://dinpar.kulonprogokab.go.id)

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari mengikuti aktivitas warga sehari-hari, bertani, mengikuti acara adat, menikmati pertunjukan seni lokal, menikmati kuliner lokal, tracking, hiking mengelilingi desa, dan mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di sekitar desa seperti Waduk Sermo, Kalibiru, Puncak Suroloyo, Embung Banjaroya, Bendung Ancol, Goa Maria Sendangsono, Makam Kyai Krapyak, dan jika beruntung wisatawan bisa mengunjungi festival durian Menoreh.

Menuju Lokasi

8 km sebelah timur Borobudur yang berjarak kurang lebih 24 km dari Kota Yogyakarta. Lokasi bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mengambil rute dari jalan Godean-Dekso-Kalibawang dan Banjaroya. Jika dengan angkutan umum harus berganti angkutan sesampainya di Dekso kemudian dilanjutkan dengan angkutan yang menuju ke arah Borobudur.

Informasi lebih lanjut

Desa Wisata Banjaroya (Dewa Bara)
Jl. Sentolo Muntilan Km 26 Slanden, Banjaroya, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp.: 0274 – 8548767
CP: +62 881 2637 689 (Inu), +62 818 0267 0291 (Haqi)
Website: http://dewabara.wordpress.com
Fb: Desa Wisata Banjaroya
Twitter : @dewabara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.