Wisata Belanja di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Pusat Belanja Nanjung Elok

Pangandaran merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai potensi besar di bidang pariwisata, sektor ini menjadi unggulan bagi Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (pad).

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Kegiatan belanja di lakukan saat seseorang memiliki keinginan untuk memiliki sesuatu. Belanja merupakan salah satu aspek yang erat hubungannya dengan pariwisata. Wisata belanja merupakan salah satu aspek yang dilihat oleh wisatawan untuk mendatangi suatu tempat wisata. Minat wisatawan dimana adanya ketertarikan dari wisatawan dalam suatu hal.

Sentral Belanja di Pantai Pangandaran

Lokasi Empat Sentral Belanja di Pantai Pangandaran terdapat empat sentral yaitu:

1. Bagian Pantai Timur Pangandaran

a. Nanjung Endah

Pusat Belanja Nanjung Endah (https://www.mypangandaran.com)

Pusat Belanja Nanjung Endah merupakan tempat relokasi pedagang-pedagang yang berada di sepanjang pantai timur pangandaran, di sini terdapat berbagai macam kebutuhan wisatawan mulai dari makanan, minuman, baju-baju pantai dan souvenir khas Pangandaran.

b. Nanjung Sari

Pusat Belanja Nanjung Sari (https://www.mypangandaran.com)

Pusat Belanja Nanjung Sari terletak di pantai timur Pangandaran dekat kantor Balawista. Pusat Belanja Nanjung Sari Merupakan tempat relokasi pedagang-pedagang yang berada di pinggir pantai, di sini terdapat berbagai macam kebutuhan wisatawan mulai dari makanan, minuman, baju-baju pantai dan souvenir khas Pangandaran.

2. Bagian Pantai Barat Pangandaran

a. Nanjung Asri

Pusat Belanja Nanjung Asri (https://www.mypangandaran.com)

Pusat Belanja Nanjung Asri terletak di pantai barat Pangandaran area pos 3 atau samping villa kuda. Pusat Belanja Nanjung Asri Merupakan tempat relokasi pedagang-pedagang yang berada di pinggir pantai, di sini terdapat berbagai macam kebutuhan wisatawan mulai dari makanan, minuman, baju-baju pantai dan souvenir khas Pangandaran.

b. Nanjung Elok

Pusat Belanja Nanjung Elok (https://www.mypangandaran.com)

Pusat Belanja Nanjung Sari terletak di pantai barat Pangandaran area Pos 2 atau dekat hotel Bumi Nusantara. Pusat Belanja Nanjung Elok Merupakan tempat relokasi pedagang-pedagang yang berada di pinggir pantai, di sini terdapat berbagai macam kebutuhan wisatawan mulai dari makanan, minuman, baju-baju pantai dan souvenir khas Pangandaran.

Pasar Wisata Pangandaran
Terletak di Jl. Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran 46396, Jawa Barat, 500 m dari bibir Pantai Pangandaran

Pasar Wisata Pangandaran (https://www.mypangandaran.com)

Tempat berburu souvenir atau handy craft yang terbuat dari aneka kerang dan pasir laut, dan pusat Jajanan (camilan) oleh-oleh khas Pangandaran.

Sentra UKM Terpadu Pangandaran
Terletak di Jl. Pananjung (depan Pasar Wisata Pangandaran), Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran 46396, Jawa Barat

Sentra UKM Terpadu Pangandaran

Merupakan sentra oleh-oleh khas Pangandaran produk UMKM dimotori oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta Dewan Kerajinan Nasionan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pangandaran.

Pasar Sawoan
Terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, provinsi Jawa Barat.

Sarijo, pemilik toko barang antik di Pangandaran

Toko ‘Sumber Aji’

Terletak di Pasar Sawoan menjajakan berbagai barang koleksi yang antik-antik, berupa uang kuno, pusaka, patung, lukisan, batu akik, hingga aneka peralatan meditasi. Tak hanya tempat jual beli, toko yang diritis sejak 20 tahun lalu ini juga menjadi titik pertemuan komunitas dan peminat benda-benda antik.

UMKM binaan Bisnis Development Center (BDC) Pangandaran

Kopi Jebug (http://www.bdcpangandaran.com)

Produk yang dihasilkan antara lain, Holla Juice, Ikan Asin Teri Nasi, Ikan Asin Jambal Roti Besar, Abon Ikan Jambal, Udang Goreng Tepung, Kepiting Goreng Tepung, Cumi Goreng Tepung, Ikan Goreng Tepung, Kopi Jebug Pangandaran, Kopi Cikuwek Pangandaran, Kecap Asli Kampung dan beragam Brown Sugar dari Nira Kelapa Pangandaran. Untuk informasi lebih lanjut hubungi, telp.: +62 813 2333 0303 atau http://www.bdcpangandaran.com/direktori.

KPMK (Koperasi Produsen Mitra Kelapa) Pangandaran
Dusun Sidahurip, RT 04 RW 05, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Kontak:
Yohan Wijaya +62 812 1468 909 (Ketua)
H. Dedi Djunaedy +62 821 2817 7185
U. Kendar +62 852 9547 9520
website: http://kpmkpangandaran.com/

Koperasi ini telah mengolah buah kelapa menjadi Tepung kelapa dengan kapasitas mencapai minimal lima ton per bulan dan Coco chip dengan kapasitas produksi enam ton per bulan.

KPMK juga mengolah kelapa menjadi arang batok, coco fiber, nata Coco dan sabun mandi cair dan batangan dengan dicampur aroma sereh wangi.

Kelompok Saung Kelapa
Terletak di Kampung Sucen, Desa Cibenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, terus melakukan produksi buah kelapa menjadi berbagai bentuk kerajinan yang bernilai ekonomi.

Produk Kelompok Saung Kelapa (https://lifestyle.okezone.com)

Menurut Asep Ali Imron, Ketua kelompok Saung Kelapa, dengan konsep pemanfaatan semua dari kelapa, mulai dari pohon, akar, daun hingga serabut kepala memiliki manfaat, juga penyerapan tenaga kerja bisa dilakukan demi menekan angka urbanisasi.

Kerajinan Tanaman Hata
Terletak di Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Produk dari Kerajinan Tanaman Hata (http://www.survive-giezag.org)

Dimana Hata merupakan tanaman merambat yang tergolong jenis paku-pakuan yang bisa dijumpai di Jawa Barat dan sejumlah daerah lain di Indonesia. Tanaman ini telah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tali pengikat. Di Pangandaran, kini hata muncul lagi sebagai kerajinan anyaman.

One thought on “Wisata Belanja di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.