Wisata Belanja di Kabupaten Cirebon Jawa Barat

Salah satu produk Desa Tegal Wangi, Kecamtan Weru, Kabupaten Cirebon

Provinsi Jawa Baratmemiliki banyak daerah yang mengembangkan industri kreatif salah satunya Kabupaten Cirebon. Kabupaten ini pengembangannya diarahkan kepada industri kreatif subsektor kerajinan dalam skala usaha kecil dan menengah. Industri kerajinan di Kabupaten Cirebon kini semakin menggeliat baik dari aspek produksi maupun wilayah pemasarandan kini terdapat 33 komoditas kerajinan yang sedang dikerjakanoleh pengrajin di Kabupaten Cirebon antara lain kerajinan sandal barepan, aneka kreasi batu alam, rotan, dan batik

Pengrajin Topeng Babakan Lima Wanda
Terletak di Blok 1, Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

Topeng Babakan Lima Wanda (https://jabar.tribunnews.com)

Topeng Babakan Lima Wanda khas Cirebon terdiri dari Topeng Panji, Topeng Samba, Topeng Rumyang, Topeng Tumenggung, dan Topeng Kelana.

Topeng Babakan Lima Wanda (https://ownzones.weebly.com)

Topeng tersebut dibuat dari kayu jaran. Teksturnya lembut dan ringan. Pada bagian dalam mulut topeng diberi karet hitam yang berfungsi untuk gigitan penari.

Sentra Pengrajin Gerabah
Terletak di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon,Jawa Barat

Beragam produk gerabah Desa Sitiwinangun (https://jabar.tribunnews.com)

Produknya kendil ari-ari, tempayan tempat empal gentong, pendaringan (tempayan tempat beras) tungku kecil untuk memasak kue basah serabi, tungku tungku besar, dan lain-lainnya. Peringkat kedua terbanyak pembelinya adalah memolo (ornamen khas Jawa Barat yang dipasang di atas bangunan), dan topeng Cirebon.

Kampung Batik Cirebon Trusmi

Kampung Batik Trusmi Kabupaten Cirebon (https://www.vemale.com)

Kampung Batik Trusmi yang belokasi di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Beragam khas batik Cirebonan bisa kita temukan di tempat wisata belanja Batik khas Cirebon yang dapat kita jumpai di lokasi ini. Mulai dari baju, tas, dan pernak-pernik lainnya ada di Kampung Batik Cirebon Trusmi. Tidaklah heran banyak wisatawan lokal (wisnus) maupun luar negeri (wisman) yang datang hilir mudik ke kawasan Kampung Batik ini untuk berburu buah tangan istimewah yang dijadikan oleh-oleh.

Tas batik (www.youtube.com)

Untuk koleksi hasil kerajinan Batik khas Cirebon yang berada tempat wisata belanja Kampung Batik Cirebon ini cukup bagus, dan harganya relatif terjangkau, mulai hasil kerjainan batik yang di bandrol dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 1.000.000,- yang bisa kita pilih tergatung dari model, motif dan bahan.

Pasar Induk Sandang Tegalgubug

Pasar Induk Sandang Tegalgubug (https://desawirausaha.blogspot.com)

Pasar ini terletak di Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Propinsi Jawa Barat. Lokasi Pasar Tegalgubug sangat mudah dijangkau karena berada di sisi jalur atau jalan utama pantura yang menghubungkan antara Jakarta dan Jawa Tengah.

Pasar Tegalgubug ini pada hari-hari tertentu yang dikenal dengan sebutan “hari pasaran” sebanyak dua kali dalam seminggu yaitu hari Selasa dan hari Sabtu sangat ramai dikunjungi pembeli maupun pedagang. Adapun waktu perdagangan pada kedua hari pasaran tersebut dimulai sejak selesai Shalat Isya sebelum hari pasaran hingga besok harinya sampai jam 14.00 WIB. Kesimpulannya bahwa aktifitas perdagangan di pasar sandang tersebut terjadi pada hari Senin Malam atau Malam Selasa pasca Shalat Isya hingga Selasa Siang sekitar jam 14.00 WIB serta pada hari Jum’at Malam atau Malam Sabtu pasca Shalat Isya hingga Sabtu Siang sekitar jam 14.00 WIB.

Jumlah pedagang di Pasar Induk Sandang Tegalgubug ini sekitar 4.000 orang yang menempati 600 kios, 1.106 los, dan 534 lemprakan (kaki lima). Selain menjual pakaian jadi, Pasar Induk Sandang Tegalgubug juga menjual barang-barang lain yaitu bahan dasar pakaian, penutup kepala dan rambut bagi perempuan atau kerudung, seprei, gorden, taplak meja dan bahan sandang lainnya.

 Beragam busana muslim di Pasar Induk Sandang Tegalgubug

Pasar Induk Sandang Tegalgubug ini bukan hanya sebagai lokasi penjualan saja melainkan juga sebagai lokasi atau kawasan home industry dengan aktifitas sehari-hari sekitar 6.000 warga dari Desa Tegalgubug dan desa tetangga sekecamatannya yaitu 8.124 warga Desa Tegalgubug Lor selaku produsen atau pembuat barang-barang sandang.

Kedua desa yang sudah disebutkan tadi terbagi menjadi sebanyak lima blok dengan setiap bloknya membuat produk unggulan. Blok satu produk unggulannya adalah pakaian jadi, blok dua produk unggulannya adalah produk kelambu untuk tempat tidur serta taplak meja, blok tiga produk unggulannya adalah kerundung serta pakaian jadi, blok empat produk unggulannya adalah penjualan berupa bahan dasar pakaian, dan yang terakhir adalah blok lima dengan produk unggulannya adalah berupa celana panjang, sarung bantal, sprei, dan taplak meja. Keseluruhan produk sandang yang dibuat oleh warga dari dua desa tersebut selalu mengikuti kecenderungan atau trend terbaru yang sedang mengalami perkembangan di tengah kehidupan masyarakat ataupun sering mengikuti gaya hidup berpakaian yang dilakukan oleh para artis sinetron terkini yang sedang nge-top atau naik daun.

Para pembeli maupun pedagang yang datang ke pasar ini bukan hanya berasal dari wilayah Cirebon saja tetapi juga dari berbagai daerah lain di Jawa Barat, tetangga propinsi sebelah timur yaitu Jawa Tengah bahkan juga dari Provinsi Jawa Timur, dari luar Pulau Jawa seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga dari luar negeri seperti dari “negeri jiran’ sebutan dari Malaysia, juga dari negeri yang lebih jauh seperti Korea Selatan, Afrika Selatan maupun Nigeria.

Tip belanja

Dikutip dari bisnis.com, tips Belanja Di Pasar Tegalgubug Cirebon yang perlu diperhatikan.

  • Banyak lapak dan kios pedagang produk fashion atau kain bahan yang dijual murah terkadang tidak semuanya memiliki kualitas seperti yang diinginkan meskipun secara kasat mata terlihat bagus.
  • Jika baru pertama kali belanja di sana dan akan membeli barang untuk dijual kembali (grosiran) sebaiknya mengajak teman atau orang yang mengerti betul tentang kain bahan atau kualitas produk fashion agar barang yang dibeli tidak membuat calon konsumen Anda kecewa.
  • Produk fashion atau pakaian murah yang dijual harus dilihat secara teliti dari jahitannya, hingga pernak-pernik yang menempel karena jika asal beli biasanya barang akan rusak setelah proses pencucian pertama kali setelah dipakai.
  • Sedangkan untuk memilih kain bahan yang berkualitas memang sulit dilihat secara kasat mata, Anda bisa memeriksanya dengan cara memegang kain dengan tangah yang sedikit basah. Jika warna pada kain tidak menempel pada bagian tangan yang basah, berarti kain yang akan dibeli memiliki kualitas yang cukup bagus.
  • Biasanya ada beberapa oknum pedagang di Pasar Tegalgubug yang sengaja menjual kain murah dengan kualitas rendah atau kain bahan yang tidak sempurna proses pembuatannya.

Sentra Usaha Kerajinan Rotan Tegal Wangi

Kampung produktif, Desa Tegal Wangi, Kecamtan Weru, Kabupaten Cirebon

Sentra ini terletak di Desa Tegal Wangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, merupakan sentra kerajinan rotan yang sudah berskala dunia karena telah mampu memenuhi kebutuhan ekspor.

Tempat tissue dari Rotan

Sentra industri rotan Desa Tegal Wangi lokasinya kurang dari 500 meter dari gerbang keluar tol Plumbon, kurang lebih 5 kilometer dari pusat Kota Cirebon. Di lokasi tersebut berbagai kerajinan rotan tertata rapi di sejumlah etalase di sisi jalur pantai utara Cirebon, tepatnya di Jalan Raya Tegalwangi arah Bandung. Berbagai kerajinan rotan tersebut bukan hanya berupa alat-alat perabotan rumah tangga seperti meja, kursi, tutup lampu, tutup makanan, tempat payung, almari, tempat tidur dsbnya saja melainkan juga mainan seperti kuda-kudaan bahkan boks ayunan tempat tidur bayi. Produk-produk kerjainan rotan tersebut harganya cukup terjangkau bagi siapapun yang “berkantong” pas-pasan. Harga yang dipatok di sejumlah toko di sana Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per item.

Kursi Rotan

Kursi rotan

Desa ini merupakan sentra kerajinan rotan yang paling terkenal diantara beberapa lokasi lain di sekitarnya seperti di Desa Tegalsari, Kecamatan Plered, Kecamatan Plumbon, Sumber, Depok dan Palimanan. Dari kecamatan-kecamatan tersebut, setidaknya 80% ekspor kerajinan rotan nasional dihasilkan.

Sentra Kayu dan Furnitur

Sentra kayu dan furnitur (https://www.pressreader.com)

Sentra kayu dan furnitur di Jalan Raya Bunut, Desa Bunut, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. Beberapa orang lebih mengenal jalan ini dengan nama jalan terusan Pasar Jamblang, karena sentra kayu dan furnitur berada di jalan menuju Pasar Jamblang.

Di tempat ini tidak ada papan nama atau gapura yang bertuliskan selamat datang ke kawasan sentra kayu dan furnitur Bunut. Jadi, Anda jangan sampai salah mencari alamat sentra ini. Patokan mudahnya adalah pertigaan Bunut yang letaknya di antara Desa Cangkoak dan Desa Sindang Jawa. Kalau secara jalan, sentra ini berada di jalur alternatif mudik pantura dari arah Majalengka menuju Cirebon, melalui Pasar Keramat ke arah Pasar Sumber.

Dari pertigaan Bunut, Anda akan melihat beberapa toko mebel kayu. Jika dilihat sepintas, Anda tidak akan menyangka bahwa tempat ini pusatnya kayu dan furnitur karena hanya ada 3 toko yang menjajakan furnitur. Tetapi, setelah 100—150m masuk ke dalam Jalan Raya Bunut, ratusan toko kayu dan furnitur dapat Anda lihat di sepanjang jalan ini.

Furnitur yang banyak dibuat di sentra ini adalah lemari, kasur, kursi, meja, dan kitchen set. Sementara, material rumah yang banyak terlihat adalah kusen, pintu, jendela, dan bouven light. Untuk bahan mentahnya, kebanyakan toko menjual kayu jati, mahoni, dan pinus. Mau beli kayu atau furnitur, datang saja ke sini!

Sentra Kerajinan Batu alam

Beragam motif Batu Alam Cirebon (https://bandung.bisnis.com)

Sentra kerajinan batu alam yang terletak di beberapa desa di antaranya, Desa Balad, Cangkok, Bobos, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Berbagai macam motif di buat untuk membuat para konsumen bisa memilih dan bisa juga dengan memesan motif sesuai selera pembeli. Untuk motifnya yang diunggulkan seperti motif alur cacing, matahari dan minimalis.

Beragam motif Batu Alam Cirebon

Batu alam buatan para peraji Cirebon itu sudah dipasarkan menyeluruh ke penjuru pelosok nusantara, bahkan sudah ada yang ekspor serta yang meminati itu kalangan menengah atas.

Kerajinan hiasan dari kerang – Rumah Kerang

Beragam produk Rumah Kerang (https://www.diasrentalmobilcirebon.com)

Rumah Kerang berada di desa Astapada, kabuaten Cirebon. Dan di Cirebon, Rumah Kerang Multi Dimensi merupakan satu-satunya perusahaan yang berorientasi pengolahan kulit kerang. Orientasi pemasaran produk kerajinan kerang hias disini sudah tembus mancanegara serta mengekspornya ke beberapa negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika.

Beragam produk Rumah Kerang (https://www.pintuwisata.com)

Pemilik Rumah Kerang CV Multi Dimensi, Nur Handiah Jaime Taguba, memulai usahanya sejak tahun 2000. Awalnya hanya mengekspor bahan mentah saja berupa kulit kerang simping yang belum diolah. Hingga pada tahun 2004, Rumah Kerang mencoba untuk mengolah kulit kerang menjadi barang kerajinan supaya memiliki nilai lebih dan dapat memberikan lapangan kerja kepada warga sekitar.

Produk yang dihasilkan ada berwarna alami, yaitu silver bening, ada pula yang berwarna keemasan akibat proses pemanasan dengan suhu tertentu. Tak jarang, Anda bisa menemui kerang berwarna yang sengaja diberi pewarna.

 

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.