Wisata Belanja di Kabupaten Brebes Jawa Tengah

1

Sanggul Brebes

Kabupaten Brebes dikenal dengan produksi Bawang Merah terbesar di Indonesia. Perkebunan bawang merah itu tersebar di 11 kecamatan (dari total 17 kecamatan di Brebes). Menurut catatan sejarah, budidaya bawang merah di Brebes mulai berkembang sekitar tahun 50-an.

Posisi Kabupaten Brebes yang menjadi pintu gerbang lalu-lintas orang dari Jawa Barat ke Jawa Tengah, di samping potensi alam dan produk kerajinan tangan yang ada di Brebes masih perlu dikembangkan lagi, selain Batik Brebes Salem.

Pengrajin Batik Brebes
Terletak di Desa Salem, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Batik Salem Brebes (https://www.liputan6.com)

Usaha batik tulis, turun temurun milik keluarga Cicih memang terus bisa bertahan karena tiap orang dalam keluarganya mempunyai kemampuan membatik, hingga Cicih dewasa dan memiliki suami, warisan batik keluarga ini masih berlanjut.

Lokasi usaha batiknya yang berada di sekitar hutan Salem mengundang ketertarikan Perhutani. Cicih pun mendapatkan pinjaman lunak dari Program PKBL Perhutani, karena pemangku hutan ini melihat keseriusan, dan produk batiknya yang laku di pasaran terutama di wilayah Perhutani Pekalongan Barat.

Sentra Pembuatan Sanggul
Terletak di Desa Limbangan Wetan, RT. 02 RW. 04, Kelurahan Limbangan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Sanggul produk Desa Limbangan (https://nasional.tempo.co)

Wariti yang memiliki keturunan 8 anak, semua mendapatkan ilmu secara turun temurun pengetahuan dan skill tentang cara mengolah produk limbah rambut menjadi sanggul.

Wariti mengungkapkan limbah rambut dapat diolah menjadi aneka bentuk dan jenis sanggul yang cukup diminati pasar, ada 9 produk olahan rambut menjadi sanggul yang dibuat, yaitu sanggul keong racun, sanggul kupu-kupu, sanggul pulon budur, sanggul bali, sanggul paes ageng, sanggul teluk, sanggul jawa, sanggul malang, dan sanggul aceh, yang sekarang lagi diminati pasar adalah sanggul keong racun.

Sentra Keramik Hias

Produk Sentra Keramik Desa Malahayu (http://www.siklimis.com)

Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dikenal sebagai sentra kerajinan keramik hias. Keramik hias Desa Malahayu bahkan diminati para kolektor dari luar daerah, karena bentuknya yang artistik menyerupai keramik buatan Cina.

Pada awalnya para perajin keramik di Desa Malahayu hanyalah perajin gerabah atau produk rumah tangga dari tanah liat seperti tempayan, kuali dan kendi. Seiring perkembangan jaman, para perajin terus mengembangkan diri hingga akhirnya memproduksi keramik.

Sentra Pengrajin Rabana
Terletak di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Seorang pengrajin sedang menyelesaikan Rebana (https://kumparan.com)

Dikenal sebagai penghasil produk alat musik rebana. Maka tidak heran, apabila kita mengunjungi Kaliwadas, akan dijumpai deretan toko yang memajang alat musik itu.

Rebana adalah perkusi yang telah melekat begitu lama dan terkait sangat erat dengan seni tradisi Islam. Karena dipakai untuk mengiringi nyanyian-nyanyian dengan konten syair yang penuh dakwah, puji-pujian kepada nabi atau sholawat, dan nyanyian islami lainnya.

Bengkel Pande Besi Empu Gondrong
Terletak di Jl. Pasar Hewan, Munggang, Desa Kalierang, Kecamtan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Kujang produk Bengkel Pande Besi Empu Gondrong (http://www.mattanews.com)

Berbagai hasil produknya seperti, cangkul, cetok, sabit, golok, pisau, pedang, Badik, cengkrong dan alat pertanian lainnya hingga senjata khas tradisional rakyat Jawa Barat Kujang mampu merambah pasar luar negeri, seperti Sabah, Brunai, Timor Timur Bahkan Malasyia.

Sentra Pengrajin Anyaman Bambu
Terletak di Desa Gunung Tajem, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Produk anyaman bambu dari Desa Gunung Tajem (https://kumparan.com)

Produk anyaman bambu berupa cepon, kipas, topi dan tampah tersebut selama ini pasarkan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Gunung Tajem.

admin

One thought on “Wisata Belanja di Kabupaten Brebes Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kuliner Khas Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

Thu Sep 19 , 2019
RM Sajolna, Purwakarta Setiap orang memiliki selera tersendiri soal kuliner, ada yang cenderung menyukai kuliner manis, ada¬† yang menyukai kuliner gurih dan pedas. Di Kabupaten Purwakarta kita bisa menemukan kuliner bercita rasa manis, gurih dan pedas untuk dinikmati bersama keluarga, saudara maupun tetangga kita. Sate Maranggi Bagi yang tak suka […]

Terjemahan

Disewakan Kamar H-1216, Apartemen Mares 2, Depok, Jawa Barat

Wisma “Putranto” Kos dekat Sekip UGM Yogyakarta

Hipertensi “The Silent Killer”

Kalung Etnik Kalimantan Selatan

Imunitas anak & Essenzo Cinnamon Bark Essential Oil