Museum Cual Ishadi Pangkal Pinang Bangka Belitung

Museum Cual Ishadi (https://ishadi-kain-cual-bangka-belitung.business.site)

Museum Cual Ishadi terletak di Jl. A. Yani No. 46, Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkal Pinang 33684, Kepulauan Bangka Belitung di resmikan pada tanggal 15 Agustus 2017.

Sejarah

Kain cual miliknya itu diberi nama Ishadi Cual bermula dari kedatangan orang Jepang bersama perwakilan dari Kemekumham.Pada 2004 kami kedatangan tamu orang Jepang bersama dengan perwakilan Kemenkumham RI ke gerai cual kami, lalu ia bertanya apa merek untuk hak paten. Kemudian saya berpikir untuk memberi nama Ishadi Cual.

Keberadaan museum cual yang didirikan keluarga besar Hj Isnawati Hadi sebagai salah satu ikon di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. didirikan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pengetahuan tentang tenun kain cual.

Koleksi

Rain Cual motif Kembang Gajah berusa +/- 200 tahun (https://detik.com)

Di museum ini, pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan berbagai pajangan tenun cual, tapi juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatannya. Juga Ishadi Kain cual memiliki tiga lembar kain cual yang berusa 200 tahun.

Beberapa motif kain cual yang dipajang antara lain motif Naga Bertarung, Kecubung, dan Kembang China, ketiganya secara nasional telah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda.

Fasilitas

Museum itu juga dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya cafe tempat bersantai para pengunjung serta pusat penjualan produk-produk kain khas Babel dan souvenir lainnya.

Kain cual dapat diperoleh di outlet Ishadi Kain Cual, mulai harga Rp 65.000 hingga Rp 18 juta. sedangkan souvenir mulai haga Rp 25.000 hingga Rp 150.000.

Penghargaan

Berbagai penghargaan telah diraih Ishadi Cual mulai dari Walikota Pangkalpinang sampai penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Di Museum Ishadi cual, masyarakat bisa melihat langsung kain tenun cual yang sudah berusia ratusan tahun serta alat tenun tradisional.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.