Mengenal Wayang Cecak Kepri

Wayang Cecak

Wayang Cecak merupakan akulturasi antara budaya Tionghoa dan budaya Melayu yaitu salah satu kesenian yang menjadi khasanah tradisi lisan di pulau penyegat dan semakin diakui keberadaannya, merupakan sastra lisan yang di peragakan melalui media wayang. Kesenian ini merupakan kesenian yang menggunakan boneka tangan, terbuat dari kain perca dimainkan oleh dalang. Dengan menggambarkan kehidupan dalam sebuah panggung yang kira-kira berukuran dua kali tiga meter, dan boneka itu digerakkan oleh tangan manusia (dalang) dari belakang.

Sejarah

Awalnya Wayang Cecak digagas dan dimainkan oleh Khadijah Terung, seorang seniman wanita pada masa Kesultanan Melayu di Pulau Penyengat. Khadijah diduga memainkan pertunjukan ini secara tertutup untuk kalangan terbatas saja sampai pada tahun 1940-an, sehingga informasi tentang Wayang Cecak ini tak banyak tersebar luas.

Lakon (Cerita) dan Durasi Pertunjukan

Wayang Cecak (https://nationalgeographic.grid.id)

Lakon Wayang Cecak pun beragam judul, seperti Syair Siti Zubaidah, cerita Hang Jebat, cerita Engku Putri, Selindung Delima, dan lainnya. Durasi pertunjukan wayang cecak biasanya antara 10 sampai 90 menit.

Syair Siti Zubaidah, berkisah tentang perjalanan Zainal Abidin, putra Sultan Darmawansyah hingga menjumpai Siti Zubaidah, yang kemudian pada akhir cerita dapat dipinangnya.

Musik Pengiring

Para pengiring musik Wayang Cecak (https://nationalgeographic.grid.id)

Wayang cecak ini diiringi alunan musik seperti biola, akordion, gendang, dan gong sampai cerita berkahir. Khas sekali kental dengan nuansa Melayu.

Program Revitalisasi

Wayang Cecak berhasil kembali ditampilkan melalui program revitalisasi yang dilakukan Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud RI. Program ini bertujuan melestarikan kesenian-kesenian tradisional berbasis sastra lisan yang nyaris punah. Termasuk di antaranya kesenian Wayang Cecak yang sudah lebih dari lima puluh tahun yang lalu tidak dimainkan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.