Kuliner Khas Kota Bandung Jawa Barat

Cuanki Dara Kembang Bandung

Kulinernya yang istimewa menjadi alasan lain untuk mengunjungi kota Kota Bandung. Kuliner dan Camilan khas Bandung memang dikenal sangat variatif dan memiliki cita rasa yang tinggi. Namun demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa mencicipinya di semua tempat yang ada. GWI Indonesia Banget, mencoba mengumpulkan kembali yang dapat menjadi bahan referensi buat anda ya..

Baca juga: Kuliner Ledendaris di Bandung1 ] [ 2 ]

Nasi Kalong

Nasi Kalong (https://www.zomato.com)

Nasi Kalong terbuat dari beras merah, bumbu seperti daun salam, cabai, bawang, dan diberi kluwek sehingga warnanya menjadi hitam, hingga mirip dengan kalong atau dalam bahasa Indonesianya berarti kelelawar. Juga mirip dengan warna salah satu makanan khas Jawa Timur yaitu rawon.

Nasi Kalong biasanya disajikan dengan tumis buncis bakar, ayam goreng madu, dan sambal. Untuk mencicipi nasi enak ini, Anda bisa langsung ke warungnya di Jl. RE. Martadinata (Riau) No. 102 , Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung. Jam buka mulai pukul 19.00 – 01.00 WIB.

Baca juga: Camilan khas Kota Bandung

Nasi Bakar

Nasi bakar merupakan nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau diberi rempah lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar. Setelah matang, ketika membuka bungkusnya, akan tercium aroma sedap. Saat dikunyah perlahan-lahan, rasanya lebih legit, lebih wangi, dan lebih enak daripada nasi biasa.

Lokasi untuk mendapatkan Nasi Bakar di Kota Bandung yaitu:

Nasi bakar 15
Jl. Cimandiri No 24, Citarum, Kota Bandung, persis di samping Gedung Sate. Konon katanya Nasi Bakar 15 merupakan pelopor nasi bakar pertama di Bandung, ya.

Nasi Bakar 15 (https://www.idntimes.com)

Nasi bakar di sini dijual dalam bentuk paketan dengan lauk yang terdiri dari nasi bakar, serundeng jambang, tempe, perkedel jagung, lalapan, dan sambal. Ada pula nasi bakar yang dijual terpisah dengan lauknya. Kamu bisa memesannya sesuai selera.

Nasi Bakar Uwa Ida
Jl. Ambon No.11, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung 40115, Jawa Barat

Nasi Bakar Uwa Ida (https://www.idntimes.com)

Menyajikan nasi bakar khas Sumatera Selatan yang terdiri dari empat rasa, yaitu teri medan, jambal roti, hati ampela dan ayam.

RM. Nasi Bakar Samara
Jl. Buah Batu No. 228, Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung 40265, Jawa Barat

Nasi Bakar RM. Nasi Bakar Samara (https://www.idntimes.com)

Tidak jauh dari kampus ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) Bandung. Nasi bakar dan semua komponen yang terdiri dari ayam dan sambalnya terkenal sangat enak.

Lotek

Lotek merupakan olahan dari macam-macam sayuran yang diurap dengan bumbu kacang dan asli dari Bandung dan dataran Sunda. Sekilas memang mirip dengan gado-gado-nya Jakarta, pecel, dan karedok, walaupun kesemuanya punya perbedaan yang mudah dibedakan.

Ciri utama dari Lotek adalah memiliki aroma kencur yang lebih terasa dan penggunaan bumbunya bercampur dengan kentang halus rebus. Cara makannya lebih sering dimakan bersama dengan lontong dan ketupat bahkan nasi dengan tambahan kerupuk dan bawang goreng.

Dalam pembuatan lotek, pembuat tidak perlu repot dalam memilih bahan, karena hanya diperlukan sayur-mayur seperti kangkung, kacang panjang, labu siam, kentang, toge, nangka muda, dan kol. Lalu disediakan pula bahan untuk membuat bumbu halusnya, seperti gula merah, kacang tanah, air asam, dan pastinya adalah kentang.

Setelah bumbu kacang selesai dibuat, dan sayur telah selesai direbus, keduanya bisa digabung menjadi satu dengan cara diurap-urap sampai bumbu merata ke sayur.

Tempat Lotek yang direkomendasi yaitu:

Lotek Alkateri
Jalan ABC No. 16, Braga, Kota Bandung, persis di depan Toko Karpet Srikandi.

Lotek Alkateri (https://facebook.com)

Keunikan Lotek Alkateri cara penyajiannya. Pada umumnya lotek disajikan menggunakan piring, namun disini dikemas menggunakan kertas nasi yang dibuat kerucut.

Warung Lotek Macan
Jalan Macan, No. 1, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung

Warung Lotek Macan (https://www.ayobandung.com)

Yang menjadikan lotek disini lebih istimewa adalah bumbu kacangnya yang gurih dan melegenda.

Warung Lotek Cihapit Ibu Siti
Jl. Cihapit No. 6, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung 40114, Jawa Barat, tepatnya seberang BRI Cihapit atau Kantor Polsekta Bandung Wetan.

Warung Lotek Cihapit Ibu Siti (http://kulinerbandungku.blogspot.com)

Di warung Ibu Siti, bukan hanya sayuran yang ada dalam campuran lotek, tetapi terdapat pula tahu dan tempe goreng yang telah dipotong.

Cuanki

Cuankie mungkin tidak dikenal di daerah lain, karena menjadi makanan yang endemik di Kota Kembang. Pemberian nama cuankie sendiri ternyata didapat dari rangkaian kata ‘cari uang jalan kaki’, karena dulunya kebanyakan bahkan sampai sekarang banyak yang menjualnya hanya dengan gerobak. Cuankie sendiri merupakan makanan berkuah khas Bandung dengan isian berupa bakso, siomay, dan tahu dengan penampilan kuah yang bening. Selain adanya isian tersebut, cuankie kerap pula disajikan bersama dengan gorengan berupa pangsit sebagai menu pendampingnya.

Cuanki yang direkomendasi yaitu:

Cuanki Serayu Bandung
Jl. Serayu No. 2, Kota Bandung
Cabang: Jl. Begawan No. 69, Kota Bandung dan Jl. Babakan Sari No. 93, Kota Bandung

Cuanki Serayu Bandung (https://alampriangan.com)

Cuanki Serayu Bandung ini terkenal dengan rasa kuahnya yang luar biasa. Rasa kuah kaldu ini didapatkan dari rebusan tulang ikan.

Cuanki Dara Kembang Bandung
Jl. Gajah No. 41, Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung

Cuanki Dara Kembang Bandung (https://alampriangan.com)

Penyajian cuanki di kedai ini menggunakan hotplate yang berbentuk seperti wajan dan kuali mini yang berbahan gerabah atau tanah liat.

Cuanki Endos
Jl. Kliningan No. 1, Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung

Cuanki Endos (https://jabar.tribunnews.com)

Cuanki Endos menyediakan dua varian menu cuanki, yakni Cuanki Endos 1 terdiri dari bakso kasar, tahu goreng, tahu putih, sionay dan pangsit. Cuanki Endos 2 terdiri dari bakso kasar, bakso halus, tahu goreng, tahu putih, siomay dan pangsit. Serta tidak ketinggalan extra topping yang terdiri dari ceker ayam dan tulang ayam.

Kupat Tahu

Kupat Tahu Gempol (https://jabar.tribunnews.com)

Sesuai dengan namanya, kupat tahu hanya diisi dengan irisan ketupat, tahu, dan bumbu kacang, sedangkan tauge dan kerupuk adalah pelengkapnya. Kebanyakan rasa kupat tahu adalah pedas, namun di kupat tahu gempol justru rasanya lebih manis dari kebanyakan, namun tetap saja ramai pembeli.

Kupat Tahu yang direkomendaikan yaitu:

  • Kupat Tahu Gempol
    Jl. Gempol Kulon No. 53, Citarum, Bandung
  • Kupat Tahu Pasar Cihapit
    Jl. Cihapit, No. 22 Bandung
  • Kupat Tahu petis dan sayur Pak haji Ali Sahali
    Jl. Halimun No. 2, Burangrang, Bandung
  • Kupat Tahu Lontong kari Cicendo
    Jl. Cicendo No. 21, Pasir Kaliki, Bandung
Soto Bandung

Soto Bandung kuahnya lebih bening, dengan isiannya, seperti suwiran daging, kacang kedelai goreng dan lobak juga masuk ke dalamnya. Untuk topping ada daun bawang, irisan seledri, dan bawang goreng kerap ditaburkan di atasnya, sehingga menambah nikmat nasi sebagi makanan utamanya.

Jika ingin merasakan soto Bandung yang cukup terkenal, datanglah ke Soto Bandung M. Tarya yang terletak di Jalan Sawah Kurung, Ciateul, Reoul, Bandung.

Mie Kocok

Mie Kocok SKM (http://kuliner.panduanwisata.id)

Mie kocok terdiri dari mie kuning gepeng, kikil, taoge, dengan siraman kaldu dari tulang dan daging sapi tersebut. Selain itu, penggunaan kikil juga harus didapat dari daging kaki sapi dengan tekstur yang kenyal dan empuk agar penikmatnya menyukai mie kocok. Selain itu, dalam satu porsi mie kocok, juga akan diberi taburan bawang goreng plus potongan seledri.

  • Mie Kocok Persib
    Letaknya ada di area parkir Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani no 262, Kota Bandung. Mie Kocok Persib berada tepat di pintu gerbang masuk
  • Mih Kocok Bandung Mang Dadeng
    Jl. Banteng (KH Ahmad Dahlan) No 67, Kota Bandung
  • Mie Kocok SKM
    Jl. Sunda No.38, Kebun Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung 40112, Jawa Barat

One thought on “Kuliner Khas Kota Bandung Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.