Kuliner Khas Kabupaten Sumedang Jawa Barat

1

Kadedemes Sumedang

Kuliner makanan khas dari Sumedang mempunyai cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali pilihan alternatif menu kuliner yang bisa anda coba ketika berkunjung atau sekedar mampir ke kota tahu tersebut. Bagi anda yang sudah pernah ke Sumedang, pasti akan familiar dengan beberapa nama kuliner dibawah ini.

Tutug Oncom

Tutug Oncom Sumedang (https://pengetahuanindonesiablog.wordpress.com)

Tutug oncom merupakan kuliner yang populer di tanah Sunda ini menjadi salah satu kuliner khas Sumedang yang patut anda cicipi. Tutug oncom khas dengan aroma kencurnya dan campuran oncom bakarnya atau oncom goreng yang khas.

Tutug Oncom berasal dari kata “Tutug”, artinya menumbuk atau mengaduk, proses menumbuk dan mengaduk oncom dengan nasi ini menjadi asal nama dari makanan ini.

Tutug Oncom Kajojo

  • Jl. Angkrek No.18a, Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang 45621
  • Jl. Palasari (Sebelah RSUD Sumedang), Sumedang Selatan, Sumedang

Tutug Oncom Saung Teko
Jln. Cimuja-Cimalaka, Kabupaten Sumedang

Oncom

Oncom Sumedang

Oncom merupakan kuliner khas Sumedang Jawa Barat ini banyak ditemukan di Desa Pasireungrit, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Oncom pada umumnya dibuat dari ampas tahu, namun Oncom Pasireungrit dibuat dengan ampas ketela yang dicampur olahan kacang tanah atau disebut sebagai bungkil. Semakin banyak bungkil yang dicampurkan, maka rasanya akan semakin lezat dan kualitas oncomnya akan semakin baik.

Sambal Oncom

Sambal Oncom Sumedang

Sambal Oncom merupakan olahan oncom dengan dicampur bawang merah, bawang putih, serta cabai dan beberapa bumbu khusus lainnya. Untuk rasa jangan ditanya, anda lebih baik langsung mencobanya saja sendiri ya… 🙂

Soto Bongko

Soto Bongko Sumedang

Soto bongko disajikan bersama dengan potongan tahu kuning yang sudah digoreng, tauge, serta siraman kuah kari bersantan yang berisikan kepala, sayap atau pun ceker. Tidak lupa taburan bawang goreng sebelum soto bongko ini siap untuk disantap serta tambahan telur rebus dan satu sendok sambal agar cita rasanya lebih mantap dan lezat.

Penjual Soto Bongko di Sumedang tersebar di berbagai tempat, termasuk di sekitar Pasar Sumedang, alun-alun Sumedang, dan sekitar RSUD Sumedang. Biasanya para pedagang Soto Bongko berjualan dari pagi hingga petang hari.

Kadedemes

Kadedemes Sumedang

Kadedemes merupakan makanan khas Sumedang Jawa Barat yang berupa oseng-oseng kulit singkong. Seperti namanya, sudah jelas bahwa makanan ini dibuat dari olahan kulit singkong yang dicampur dengan bumbu dan dijadikan bahan utama dalam suatu hidangan. Jenis singkong yang dipakai untuk membuat kadedemes adalah ubi kayu atau ketela pohon. Biasanya, orang akan membuang kulit singkong setelah dikupas. Namun, di Sumedang kulit singkong dapat diolah menjadi masakan yang bercita rasa enak. Jangan salah ya, yang diolah menjadi kadedemes ini adalah bagian dalam singkong yang berwarna putih atau merah muda, bukan kulit bagian luarnya.

Bandrek

Bandrek Sumedang

Minuman tradisional khas Sumedang ini sudah dimodifikasi oleh salah seorang Dosen dari PTM STKIP Sebelas April Sumedang menjadi minuman modern yang diberi label Elida Hot Bandrek. Pembuatan minuman bandrek modern ini berada di Dusun Mareleng, Desa Cipelang, Kecamatan Ujungjaya, Sumedang. Melalui inovasi salah satu warga lokal Sumedang ini, minuman bandrek yang keberadaannya mulai dipandang sebelah mata oleh masyarakat, menjadi lebih dikenal lagi dan membuat penasaran siapapun yang mendengar namanya. Bahkan bandrek hot ini sudah merambah pasar mancanegara seperti Australia dan Eropa.

Lahang

Lahang Sumedang

Di Sumedang ada minuman isotonik yang dibuat dari bahan alami dan tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh, dikenal dengan sebutan lahang. Lahang merupakan minuman tradisional khas tanah Pasundan yang banyak dijual di Sumedang dengan rasa manis nan menyegarkan. Lahang beraroma khas dan nikmat diminum saat matahari sedang bersinar dengan terik. Meminum satu gelas lahang mampu mengembalikan tenaga dan kebugaran tubuh anda yang mulai lelah di siang hari.

Jeruk Jahe

Jeruk Jahe Sumedang

Minuman khas jeruk jahe disajikan oleh pelayan yang bekerja di Kampung Toga Leisure & Resort, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kabupaten Sumedang. Minuman ini disajikan setelah pengunjungnya melakukan serangkaian aktifitas outdoor yang cukup menguras tenaga. Jeruk jahe yang mempunyai banyak khasiat untuk tubuh juga terasa segar saat diminum. Minuman ini patut anda coba saat mampir ke resort tersebut.

Sumber: tempatwisataindonesia

admin

One thought on “Kuliner Khas Kabupaten Sumedang Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kuliner Khas Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Fri Sep 20 , 2019
Pindang Gunung Wilayah Pangandaran yang diapit oleh pantai dan pegunungan ini hampir setiap akhir pekan menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan, setiap libur panjang Pangandaran selalu penuh oleh pengunjung dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Disini tempat favorit bagi pecinta kuliner seafood, di sepanjang tepi […]

Terjemahan

Disewakan Kamar H-1216, Apartemen Mares 2, Depok, Jawa Barat

Wisma “Putranto” Kos dekat Sekip UGM Yogyakarta

Hipertensi “The Silent Killer”

Kalung Etnik Kalimantan Selatan

Imunitas anak & Essenzo Cinnamon Bark Essential Oil