Kuliner Khas Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

RM Sajolna, Purwakarta

Setiap orang memiliki selera tersendiri soal kuliner, ada yang cenderung menyukai kuliner manis, ada  yang menyukai kuliner gurih dan pedas. Di Kabupaten Purwakarta kita bisa menemukan kuliner bercita rasa manis, gurih dan pedas untuk dinikmati bersama keluarga, saudara maupun tetangga kita.

Sate Maranggi

Bagi yang tak suka kambing bisa beralih menikmati sate maranggi yang terbuat dari sapi. Sate ini memang populer di Kabuapaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sate Maranggi rasanya sangat lezat, perpaduan rasa gurih daging yang dibakar dan rasa manis, asam, pedas dari bumbu sate membuat banyak orang ingin nambah saat mencicipinya. Bukan itu saja, rasa sate ini juga sangat beda dengan sate biasa. Lebih empuk dan bumbunya sangat khas.

Sebelum dibakar, bumbu dibiarkan meresap terlebih dahulu hingga 20-30 menit. Setelah dibakar di atas arang yang menganga, sate akan langsung dihidangkan dengan bumbu sate yang khas, orang Sunda menyebutnya Bumbu Acar Sate Maranggi. Bumbu acar ini terbuat dari campuran irisan tomat, daun kemangi, cabe rawit, bawang merah, dan kecap.

Sate Maranggi Hj. Yetty Cibungur Purwakarta

Sate Maranggi Hj. Yetty Cibungur Purwakarta (https://travelingyuk.com)

Berlokasi di Jl. Raya Cibungur, Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41181. Warung ini letaknya memang berada di tengah hutan pohon jati yang ada di kawasan Cibungur, Purwakarta. Keberadaan pohon-pohon tersebut menambah kenyamanan para pengunjungnya saat menyantap sate maranggi dan hidangan lainnya.

Selain Sate Merangginya juga ada menu lainnya, seperti ikan gurame bakar, ayam bakar, sop sapi atau kambing, gule sapi atau kambing, pepes, sayur asem, gado-gado, nasi tutug oncom, tutut, dan cobek nila. Untuk menu minuman es kelapanya.

Rumah Makan Saung Situ

RM Saung Situ (http://watilab.com)

Rumah Makan ini berada di Jalan Situ Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat, terkenal dengan Sate Meranggi yang lezat dan gurih. Tersedia menu lainnya, seperti ikan bakar, ayam bakar, sop kambing, karedok, hingga soto ayam. Selain Sate Maranggi-nya, Ayam Bakar di Rumah Makan Saung Situ ini termasuk sangat populer di kalangan para pelanggan.

Mie Sehat 3 Warna Purwakarta

Mie Sehat 3 warna atau pelangi (https://ndesoedisi.com)

Berlokasi di Situ Cikumpay, Kecamatan Cempaka, Purwakarta. Nama makanannya adalah mie 3 warna atau yang lebih dikenal dengan mie sehat 3 warna. Sesuai dengan namanya, kuliner berbahan tepung yang satu ini memang punya 3 warna, seperti pelangi (merah, kuning, dan hijau).

Mie Sehat 3 warna atau pelangi (https://mie-pelangi-situ-cikumpay-sadang.business.site)

Bahan pewarna yang digunakan untuk memberi warna pada mie tersebut berasal dari bahan-bahan yang alami, yaitu wortel, akar bit, sampai dengan buah naga.

RM Sajolna

RM Sajolna, Purwakarta (http://raritavi-travel.blogspot.com)

Berlokasi di Jl. Letjend Basuki Rahmat No.157, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Ayam goreng di sini menggunakan ayam kampung. Yang lebih istimewa adalah sambal dadakan yang pedasnya menggugah selera makan anda. Menu lainnya yaitu karedok, gado-gado, jengkol, pencok leunca, hingga sayur asam.

RM Sajolna, Purwakarta (http://www.ulinulin.com)

Soto Sadang

Soto Sadang (https://rm-soto-sadang-purwakarta.business.site)

Terletak di Jl. Veteran No.12, Kabupaten Purwakarta. Soto Sadang Asli mempunyai rasa lezat dan khas. Warung yang telah ada sejak 30 tahun yang lalu ini harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan soto-soto lainnya, akan tetapi harga itu sesuai dengan rasanya yang nikmat.

Soto Sadang memiliki tampilan mirip dengan soto betawi dengan kuah kuningnya yang kental. Rasanya sangat gurih, lezat dan sedap, apalagi jika ditambah dengan kecap dan sambal.

Soto Sadang santan mirip Soto Betawi (http://www.destinasibandung.co.id)

Anda bisa memesan soto Sadang yang memiliki kuah bening, atau kuah santan. Semuanya itu tergantung selera anda. Pilihan ini juga bisa dikombinasikan dengan daging sapi atau daging ayam.

RM. Hj. Ciganea

RM. Hj. Ciganea (https://www.tripadvisor.co.id)

Terletak di Jl. Veteran No.138, tidak jauh dengan rumah makan Soto Sadang, rumah makan ini menyediakan beraneka macam menu khas sunda.

Warung Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta

Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta (https://pegimakan.id)

Lokasinya berada di Jl. Raya Pondok Salam KM 10, Purwakarta. Anda bisa mencicipi kelezatan nasi liwet Ibu Dini. Menu yang lainnya yaitu Nasi Tutug Oncom dan Nasi Kabeulem.

Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Nasi Tutug Oncom adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat.

Nasi Kabeulem merupakan sebuah nasi yang secara penyajian sama saja dengan nasi timbel, namun yang membedakannya dengan nasi timbel adalah pada nasi kabeulem ini sudah diberi bumbu-bumbu berupa parutan kelapa dan ikan teri, kemudian campuran tersebut dibakar dengan arang.

Aneka Pepes Bu Ani Purwakarta (RM. Ani Purwakarta)

RM Ani Purwakarta (https://makocoh.wordpress.com)

Lokasinya ada di Jalan Ir. H, Juanda No.2, Purwakarta. Jenis pepes yang dijual di rumah makan ini antara lain adalah pepes cumi, pepes ikan, pepes jamur, pepes belut, hingga pepes jambal. Selain aneka pepes, ketika anda memutuskan untuk berkunjung ke RM ini, jangan lupa untuk memesan menu ikan baby-nya ya. Ikan baby ini merupakan sebutan ikan mas kecil yang digoreng kering.

RM Ani Purwakarta (https://makocoh.wordpress.com)

One thought on “Kuliner Khas Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.