Kuliner Khas Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Pindang Gunung

Wilayah Pangandaran yang diapit oleh pantai dan pegunungan ini hampir setiap akhir pekan menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan, setiap libur panjang Pangandaran selalu penuh oleh pengunjung dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Disini tempat favorit bagi pecinta kuliner seafood, di sepanjang tepi pantai berjejer rumah makan yang menyediakan makanan laut segar, seperti kerang, cumi-cumi, ikan, udang, dan sebagainya. Selanjutnya, Anda bisa memilih olahan makanan laut sesuai selera; mau dibuat menu asam manis, saus tiram, saus padang, saus mentega, goreng krispi, boleh saja. Jangan lupa untuk menikmatinya bersama sebutir kelapa hijau yang menyegarkan tenggorokan. Semilir angin pantai dan suara debur ombak akan menciptakan sensasi makan berbeda.

Tulang Jambal Roti

Tulang Jambal Roti (https://www.mypangandaran.com)

Sesuai namanya tulang jambal roti memang benar-benar terdiri dari tulang dengan sisa-sisa daging yang masih menempel menjadikan sensasi bagi penyuka kuliner ini. Tulang jambal roti disajikan secara pedas, biasanya dimasak dengan cabai merah atau cabai gendot ditambah petai disandingkan dengan sepiring nasi putih hangat, wuuih sedapnya!

Sambil bercucuran keringat merasakan sensasi pedasnya cabai merah mencari sisa-sisa daging yang terselip di antara tulang ikan asin ini sungguh nikmat sekaligus bikin penasaran.

Seafood

RM Berkah Seafood (https://ihategreenjello.com)

Seafood yang ada di Pangandaran biasanya disajikan dengan berbagai macam olahan, baik menggunakan olahan tradisional yang lebih menonjolkan rempah-rempahnya maupun disajikan secara modern seperti makanan barat. Anda juga bisa mencoba seafood seperti halnya ikan bakar, udang saos tiram, kepiting saos padang, tiram telor asia, cumi tepung, cumi kering cabe serta olahan lainnya.

RM Seafood yang direkomendasikan yaitu RM Berkah Seafood yang ada di Jalan Talanca No 315 serta RM Sari Laut Rasa Sayang yang berada di Jalan Kidang Pananjung Nomor 236.

Pindang Gunung

Pindang Gunung (https://merahputih.com)

Makanan khas ini sejenis sup ikan berkuah dengan bumbu khas sunda. Dari banyaknya jenis ikan yang ada di Pangandaran, hanya Ikan kakap lah yang cocok dijadikan bahan utama makanan khas Pangandaran ini. Karena tekstur dagingnya yang tebal dan kenyal dengan cita rasa tidak anyir.

Diolah dengan bumbu khas sunda, honje (buah kecombrang atau kantan) dan daun kedondong sebagai penyedap. Rempah-rampah itu yang membuat cita rasa kuah sup terasa asam dan lebih segar. Apalagi harumnya, aroma sup terasa lengkap dengan potongan lengkuas, batang serai, dan daun ruku-ruku. Ditambah lagi rasa pedas yang menggiurkan.

Untuk mencari rumah makan yang menyajikan pindang gunung, anda tinggal menuju ke sentra kuliner Pasar Ikan di Pantai Timur Pangandaran dekat markas polisi perairan Pangandaran.

Sate Galunggung

Sate Galunggung (https://lifestyle.sindonews.com)

Sate Galunggung sendiri memiliki jenis daging yang dibakar, baik ayam, kambing maupun ikan. Dalam penyajiannya, sate Galunggung dicampurkan dengan bumbu rempah yang sangat khas dan membuat nafsu makan semakin menggebu.

RM Sate Galunggung
Jl. Kidang Pananjung, Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Pangandaran 46396, Jawa Barat

Soto Pangandaran

Soto Jarkowi (https://seputarpangandaran.com)

Seperti pada umumnya, soto merupakan makanan yang mana bahan-bahannya terdiri dari suwiran daging ayam, mie bihun, kacang, bawang goreng dan ditambah toge atau kecambah. Bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah yang tentu rasanya sangat nikmat.

Bedanya soto Pangandaran, yakni terletak pada kerupuknya yang berwarna pink dan ditaburkan di atas soto. Untuk diketahui, kerupuk pink ini dibuat dari olahan ikan tuna. Soto yang menjadi favorit yaitu Soto Jarkomi yang berada di Jalan Pananjung Nomor 412, Pangandaran

Dawet Dawala Hitam

Dawet ala Pangandaran ini terbuat dari ketan hitam yang berasal dari serbuk abu pembakaran batang padi yang diolah hingga menjadi dawet bertekstur lembut dan wangi. Kemudian, dawet ini disajikan dengan santan kental, gula aren, dan es yang diserut.

Saung Dawet Dawala
Jl. Raya Pangandaran Km. 01, Pangandaran

One thought on “Kuliner Khas Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.