Kuliner Khas Kabupaten Garut

1

Soto daging sapi Ahri

Kabupaten Garut yang secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hitterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya.

Potensi Pariwisata Kabupaten Garut sangat beragam berupa Wisata Alam, Wisata Seni Budaya, Wisata Belanja dan Wisata Digitalnya, masih perlu dikembangkan lagi Wisata Kulinernya berupa kuliner berbahan baku Domba, dimana di Garut banyak diketemukan Peternakan Dombanya.

Nasi Liwet

Nasi Liwet RM Asep Strawberry (https://www.cumilebay.com)

Merupakan olahan nasi dengan memasukkan bumbu seperti daun salam, garam dan air secukupnya, sehingga tercipta rasa gurih dan aroma yang sedap saat menyantap nasi liwet. Dilengkapi dengan aneka masakan liannya seperti ayam bakar, sambal, tomat yang dihias, tahu dan tempe goreng serta lalapan timun. Nasi liwet khas Sunda ini cocok banget bila  kita hidangkan selagi masih hangat.

RM Asep Strawberry
Jl. Raya Kadungora Nomor 245, Leles, Kabupaten Garut

Nasi Liwet Domba

Nasi Liwet Domba Garut (https://www.netralnews.com)

Olahan nasi dipadukan dengan bumbu, dan potongan daging domba yang diracik sedemikian rupa begitu pas di lidah. Apalagi dinikmati selagi hangat.

Soto Garut

Soto daging sapi Ahri (https://travelingyuk.com)

Kuah Soto Garut mempunyai rasa asin dan gurih karena terdapat campuran santan kuning pekat mengandung bumbu dan rempah rempah. Kuah soto Garut juga diberi taburan kacang kedelai goreng serta daun bawang sehingga menambah cita rasa khas kuliner ini. Soto Garut Ahri dengan pilihan daging ayam atau daging sapi. Bisa juga dicoba setengah porsi soto sapi dan setengah porsi soto ayam.

Daging tersebut direbus selama 3 jam, lalu didiamkan semalaman untuk mendapatkan kaldu yang kental. Kuah soto pun dimasak dengan menggunakan kayu kabar yang dipercaya dapat membuat kuah lebih harum.

Soto Garut Ahri
Jl. Raya Cimanuk No.271, Paminggir, Kabupaten Garut.

Baso Aci (Bacil)

Baso Aci Ceu Imas Garut (https://kumparan.com)

Seperti namanya, baso aci terbuat dari tepung kanji (aci) yang diolah dengan bumbu khas dan disajikan dengan kuah. Baso aci biasanya juga diisi dengan daging dan mempunyai rasa sama seperti cilok. Biasanya baso aci disajikan dengan tahu, ceker ayam dan kacang pilus. Makanan khas Garut yang satu ini sangat nikmat disantap panas-panas saat cuaca dingin.

Kedai Baso Aci Ceu Imas
Jl. Karacak No. 48, Kabupaten Garut

Tumpeng Cikajang

Tumpeng Cikajang Garut (https://www.instagram.com)

Makanan khas Garut Selatan yang satu ini berbeda dengan kebanyakan tumpeng yang selama ini kita kenal. Tumpeng Cikajang mempunyai bentuk mirip dengan bacang. Jika bacang berisikan daging cincang, maka tumpeng Cikajang ini berisi campuran ikan teri asin atau peda yang ditambah dengan labu siam atau tempe dan juga cabai yang berukuran besar. Tumpeng Cikajang sangat nikmat jika disantap bersama dengan kacang goreng atau combro.

Pindang Ikan

Pindang Ikan Mas Ma Ecot Garut (https://www.liputan6.com)

Tampilan pindang ikan khas Garut sama saja dengan ikan pindang dari daerah lainnya. Makanan khas ini merupakan makanan khas ikan Mas yang digoreng lalu ditumis dengan bumbu-bumbu halus seperti serai, daun salam, jahe, dan lengkuas harum. Lalu direbus serta masak sajian tersebut hingga matang. Biarkan sampai tulang ikan menjadi lunak, kira-kira sekitar 8 jam.

RM Ma Ecot
Jl. Samarang, Kabupaten Garut

Domba dan Sapi Bakar

Steak Domba Garut (https://www.alimuakhir.com)

Bagi Anda yang tidak memiliki penyakit kolesterol, tentunya restoran yang satu ini dapat dijadikan referensi anda yang suka berbahan baku kambing atau domba. Dengan hidangannya yang menggugah selera, lidah Anda akan dimanjakan dengan cita rasa hidangan domba garut yang nikmat. Anda dapat mencicipinya di restoran Abah Otjie, Domba dan Sapi Bakar. Racikan bumbu yang sedemikian rupa juga dagingnya yang lembut membuat restoran ini tak pernah sepi pengunjung.

Domba dan Sapi Bakar Abah Otje
Jl. Cipanas Baru, Kabupaten Garut

Es Goyobod

Es goyobod khas Garut (https://lifestyle.okezone.com)

Es goyobod, salah satu minuman tradisional khas Sunda yang konon berasal dari Garut ini memang menggiurkan. Terlebih jika disantap saat cuaca terik di siang hari.

Merupakan sejenis es yang terdiri dari potongan tepung aren, pacar cina, alpukat, kelapa muda, dan sirup yang ditaburi parutan es batu, susu kental manis, serta roti tawar. Sekilas, tak ada yang berbeda dengan es campur pada umumnya. Namun, saat masuk ke dalam tenggorokan es ini memiliki tekstur lebih licin dan kenyal yang berasal dari goyobod (atau tepung aren).

admin

One thought on “Kuliner Khas Kabupaten Garut

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kuliner Khas Kabupaten Sumedang Jawa Barat

Fri Sep 20 , 2019
Kadedemes Sumedang Kuliner makanan khas dari Sumedang mempunyai cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali pilihan alternatif menu kuliner yang bisa anda coba ketika berkunjung atau sekedar mampir ke kota tahu tersebut. Bagi anda yang sudah pernah ke Sumedang, pasti akan familiar dengan beberapa nama kuliner dibawah ini. […]

Terjemahan

Disewakan Kamar H-1216, Apartemen Mares 2, Depok, Jawa Barat

Wisma “Putranto” Kos dekat Sekip UGM Yogyakarta

Hipertensi “The Silent Killer”

Kalung Etnik Kalimantan Selatan

Imunitas anak & Essenzo Cinnamon Bark Essential Oil