Candi Pancahan Rao Pasaman Sumatera Barat

Lokasi Candi Pancahan yang sudah ditutup semak

Candi Pancahan terletak di Jorong, Nagari Taruang-Taruang, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Akses situs relatif agak sulit, karena lokasi berada di aera perkebunan dan sawah. Untuk sampai lokasi setelah menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4 dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati pematang sawah sekitar 300m.

Kanal yang mengeliling Candi Pancahan

Candi Pancahan merupakan tinggalan masa Hindu-Buddha. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh BPCB Sumatera Barat, Balai Arkeologi Medan dan Puslit Arkenas menunjukkan data bahwa Candi Pancahan berasal dari masa yang sama dengan Candi Tanjung Medan sekitar abad XII –XIII M.

Serakan bata di sekitar Candi Pancahan

Candi Pancahan berupa gundukan tanah yang pada bagian permukaan situs terlihatserakan pecahan bata dan bata utuh. Serakan bata dipermukaan tersebut, merupakan bagian sisa-sisa penggalian liar masyarakat. Di sekeliling sisi bangunan candi terdapat parit dengan lebar kurang lebih 3,5 meter. Di sisi barat terdapat tanggul yang di sisi timur dari tanggul tersebut terdapat parit dengan panjang 35 meter. Parit kedua di sisi selatan berjarak 10 meter. Sedangkan parit yang berada di sisi timur berjarak 13 meter.

Candi Pancahan yang telah ditemukan dari hasil ekskavasi

Ekskavasi penyelamatan yang dilakukan Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Batusangkar pada tahun 1993 menunjukkan adanya strukturdasar candi perwara yang berasosiasi dengan bagian lantai, penggunaan batu putih sebagai pondasi candi induk serta struktur batu kerakal sebagai batas dinding candi sisi barat. Candi ini berdenah persegiempat dilengkapi dengan perwara. Ukuran candi perwara adalah 2,4 m x 2,3 m dengan sebuah ruang yang dilengkapi lantai. Lokasi candi dilengkapi parit dalam berukuran 30 m x 25 m dan parit luar berukuran 60 m x 50 m. Fragmen gerabah dan keramik menunjukkan adanya suatu aktivitas ritual yang dilakukan oleh pendukung candi tersebut (Istiawan, 1992/93 : 29).

Kondisi lingkungan Candi Pancahan

Sumber: ebook Deskripsi Cagar Budaya Tidak Bergerak Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau

 

One thought on “Candi Pancahan Rao Pasaman Sumatera Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.