Candi Awang Maombiak Sitiung Dharmasraya Sumatera Barat

Candi Awang Maombiak

Candi Awang Maombiak terletak di Jorong Siguntur, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Lokasi berada di atas sebuah bukit. Sekitar lokasi merupakan kebun yang ditanami karet oleh masyarakat.Untuk menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan roda empat dan dua. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh ± 1,5 km.Candi peninggalan Kerajaan Malayu Dharmasraya ini berlatar Hindu/Budha. Situs Candi Awang Maombiak ini sudah pernah diteliti oleh Puslitarkenas, Balar Sumatera Utara dan BPCB Sumatera Barat. Ekskavasi yang dilakukan pada lokasi terakhir dilakukan pada tahun 2015 oleh BPCB Sumatera Barat.

Candi Awang Maombiak

Bangunan yang tersisa pada Candi Bukik Awang Maombiak tinggal terdiri dari bagian kaki candi dan pondasi candi. Kaki candi terdiri dari 2 lapis bata yang langsung bersentuhan dengan tanah, sedangkan bagian atasnya berupa lapis lis (empat persegi panjang) yang terdiri dari 8 lapis bata. Sementara temuan profil candi lainnya tidak dapat dipastikan kedudukan dan posisinya. Struktur bangunan kaki candi terdiri dari kaki utama berukuran panjang 12 m dan lebar kurang lebih 4,5 m membujur arah barat–timur di sisi Selatan. Sementara untuk bangunan pengembangannya berasal dari lapis 7 ke atas melebar ke arah utara sepanjang kurang lebih 7,5 m dan panjang 12 m. Temuan makara mengindikasikan adanya tangga masuk candi. Dari hasil perbandingan dengan candi Padang Roco dapat diasumsikan bahwa tangga masuk candi kemungkinan berada di sisi Utara menghadap arah Sungai Batanghari.

Sumber: ebook Deskripsi Cagar Budaya Tidak Bergerak Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.