Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (https://id.wikipedia.org)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah Taman Nasional di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha.

Bromo Tengger Semeru merupakan kompleks gugusan gunung berapi kuno berusia 820.000 tahun yang membentang 5.250 hektare di ketinggian sekitar 2100 meter dpl. Kemasyuran Gunung Bromo telah berkibar hingga mancanegara. Setiap hari menjelang Matahari terbit, ratusan pengunjung meniti lereng menuju puncak.

Sejarah

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Sebelum ditetapkan sebagai taman nasional, daerah Tengger merupakan kawasan hutan yang berfungsi sebagai cagar alam dan hutan wisata. Kawasan hutan ini berfungsi sebagai hutan lindung dan hutan produksi.

Melihat berbagai fungsi tersebut kongres taman nasional sedunia mengukuhkan kawasan Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional dalam pertemuan yang diselenggarakan di Denpasar, Bali pada tanggal 14 Oktober 1982. Hal yang menjadi pertimbangan adalah kondisi alam dan lingkungannya yang perlu dilindungi serta bermacam-macam potensi tradisional kuno yang perlu terus dikembangkan. Pada tanggal 12 November Taman Nasional Bromo Tengger Semeru diresmikan oleh pemerintah Indonesia sebagai taman nasional.

Topografi

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru secara keseluruhan merupakan daerah vulkanik. Taman nasional ini berada pada ketinggian 750 – 3.676 mdpl. Keadaan topografi bervariasi dari gelombang dengan lereng yang landai sampai berbukit bahkan bergunung dengan derajat kemiringan yang tegak. Secara umum kawasan taman nasional merupakan dataran tinggi yang terdiri dari komplek pegunungan Tengger di utara dan komplek Gunung Jambangan di sebelah selatan.

Flora

Di kawasan TNBTS setidaknya terdapat 1.025 jenis flora. Penelitian yang dilakukan oleh LIPI dan BBTNBTS mengungkapkan bahwa zona inti kawasan TNBTS didominasi oleh beberapa famili, yaitu: Moraceae, Araliaceae, Meliaceae, Euphorbiaceae dan Apocynaceae. Pada tingkatan semak belukar, hutan didominasi oleh famili Solanaceae, Rubiaceae, Verbenaceae dan Zingiberaceae serta beberapa jenis liana yang termasuk dalam anggota famili Piperaceae, Araceae dan Polypodiaceae.

Di kawasan ini terdapat 158 jenis Anggrek yang 40 jenis di antaranya tergolong langka, di antaranya yaitu Malaxis purpureonervosa (endemik Semeru Selatan) dan Habenaria tosariensis (endemik TNBTS). Sementara itu Macodes pentola merupakan jenis anggrek yang dilindungi Undang-undang.

Kawasan TNBTS juga dikenal sebagai “Land of Edelweiss”. Di kawasan ini telah teridentifikasi 3 jenis Edelweiss, yaitu: Anaphalis longofilia, Anaphalis javanica dan Anaphalis viscida.

Fauna

Berdasarkan data TNBTS tahun 2015, terdapat 38 (tiga puluh delapan) jenis satwa liar yang dilindungi menurut Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa yang terdiri dari 24 jenis aves, 11 jenis mamalia, 1 jenis reptil dan 2  jenis insekta.

a. Burung

Kawasan TNBTS merupakan habitat bagi 118 jenis burung, yang beberapa di antaranya dilindungi menurut PP No. 7/1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa antara lain Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Haliuastur indus, Falco mauccensis, Pavo muticus, Halcyon cyanopventris, Pericrocatus  miniatus, Parus mayor.Berdasarkan hasil inventarisasi time- series di kawasan ini, setidaknya terdapat 14  ekor Elang Jawa di Resort PTN di Blok Bendolawang dan Coban Trisula.

b. Mamalia

Terdapat 18 jenis mamalia yang terdapat dalam kawasan TNBTS dan 14  jenis diantaranya memiliki nilai konservasi tinggi, antara lain: Manis javanica, Macan Tutul Jawa (Panthera pardus), Lutung Jawa (Trachypithecus auratus), Hystryx branchyura, Laricus sp.,dan Muntiacus muntjak.Dari beberapa jenis tersebut di atas, Macan Tutul dan Lutung Jawa menjadi spesies yang diprioritaskan untuk diselamatkan keberadaannya. Pada pertengahan tahun 2016, trap camera yang dipasang oleh BBTNBTS berhasil menangkap gambar seekor Panthera pardus dengan lokasi di Gunung Kukusan, Resort PTN Coban Trisula, Seksi PTN Wilayah II, Bidang PTN Wilayah I.

Lutung Jawa merupakan jenis primata endemik Pulau Jawa dan Bali. Tingkat reproduksi yang rendah serta tidak adanya musim kawin pada jenis ini menyebabkan populasinya terbatas. Trachypithecus auratus hanya memiliki keturunan tunggal, sehingga kerusakan pada habitatnya dikhawatirkan akan semakin menyebabkan penurunan populasi. Jenis ini dapat dijumpai di Blok Ireng-Ireng dan Coban Trisula. Pada tahun 2006 dilakukan pelepas-liaran Lutung Jawa oleh PPS (Pusat Penyelamatan Satwa) Petung Sewu sebanyak 41  ekor yang dilepas pada 14 titik di Blok Ireng-ireng

c. Reptil

Berdasarkan hasil inventarisasi, setidaknya terdapat 11  jenis reptil dalam kawasan TNBTS, antara lain: Ular Sendok Jawa atau Ular Kobra Jawa (Naja sputatrix), Ular Air (Cerberus rynchops), Ular Ganduk Luwuk atau Ular Pohon Hijau (Cryptelytrops albolabris), Ular Tanah (Agkistrodon rhodostoma), dan Bunglon (Bronchocela kuhlii).

d. Serangga

Berdasarkan hasil inventarisasi, setidaknya terdapat 14 jenis insecta yang terdapat di Kawasan TNBTS, di antaranya yaitu: Kupu-Kupu (Delias aurantiaca), Kupu-Kupu (Appias lyncida), Kupu-kupu Sayap Biru (Graphium sarpedon), Kupu-kupu Raja (Papilio amphrysus), Kupu-kupu Jeruk (Papilio paris), dan Kupu-kupu Besar (Triodes cuneifera).

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah gunung api aktif setinggi 2.329 mdpl di Jawa Timur, tepatnya berada di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung ini terlihat sangat indah dan mempesona karena bentuknya yang saling berkaitan antara lembah dan ngarai dengan kaldera lautan pasir seluas sekitar 10 km².

Yang menarik dikunjungi

1. Lautan Pasir Bromo

Lautan Pasir Bromo

Keunikan tersebut berupa adanya lautan pasir seluas 5.250 Ha. Lautan pasir memberi nilai tersendiri bagi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Para wisatawan kini tak perlu kesulitan untuk menjelajahi lautan pasir Bromo ini karena sekarang sudah banyak transportasi yang dapat disewa, misalnya jeep, kuda, dan ojek motor.

2. Kawah Gunung Bromo

Kawah gunung Bromo (https://www.youtube.com)

Kawah bromo yang menakjubkan akan sangat terlihat jelas apabila dilihat dari atas puncak Gunung Bromo. Di tempat ini juga kita dapat melihat kepulan asap dari kawah yang masih aktif.

Mencapai Kawah Bromo sangatlah mudah, kamu bisa memulainya setelah melihat matahari terbit dari puncak penanjakan atau memulainya dari desa Cemoro Lawang dengan berjalan kaki sekitar 2 km.

3. Bukit Mentigen Bromo

Dari Bukit Mentigen Bromo melihat sunrise

Bukit ini terletak di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Di puncak Mentigen Bromo ini terdapat padang rumput hijau yang lumayan luas dan bunga-bunga yang indah. Salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif para wisatawan untuk menikmati sunrise di Bromo.

4. Bukit Teletubbies Bromo

Bukit Teletubbies Bromo (http://alifbatasa.hol.es)

Dapat menyaksikan sunrise yang indah. Matahari yang perlahan muncul dari balik bukit dan di sela-sela awan yang berbaris semakin memberikan suasana yang romantis.

5. Puncak B29 Argosari

Dari puncak B29 menikmati sunrise (https://archipelago-indonesia.com)

Puncak B29 Lumajang Desa Argosari Senduro merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Wisata Gunung Bromo yang layak kamu singgahi. Karena lokasi Puncak B29 Lumajang masih terdapat dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bukit 29 memiliki ketinggian 3.676 mdpl yang merupakan puncak tertinggi di kawasan pegunungan lereng Bromo Tengger.

6. Bromo Milky Way

Bromo milky way (https://bromoeastjava.com)

Bromo milky way hanya bisa di dapatkan saat malam hari, yaitu dengan pergi ke spot-spot tertentu yang cocok untuk hunting photography gugusan bintang ini di malam hari. Salah satu syarat untuk mendapat milky way terbaik adalah jauh dari sorot lampu kota atau dalam keadaan gelap sempurna, tanpa awan mendung dan perhitungan yang tepat untuk berburu milky way (harus memakai software stellarium)

7. Upacara Yadnya Kasada

Upacara Yadnya Kasada (https://pesona.travel)

Suku Tengger yang setiap tahun mengadakan upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo menganggap gunung tersebut gunung yang suci.

Upacara ini bertempat di sebuah Pura yang bernama Pura Luhur Poten yang berada di kaki Gunung Bromo. Biasanya banyak para wisatawan yang berbondong-bondong untuk datang menyaksikan langsung upacara adat Suku Tengger tersebut.

Pegunungan Tengger

Tengger dikelilingi gunung-gunung kecil (https://pesona.travel)

Kompleks pegunungan Tengger merupakan dataran tinggi yang terdapat di Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang, Jawa Timur. Dataran tinggi ini tersusun oleh batuan hasil letusan beberapa gunung api di sekitarnya. Bentuk morfologinya memperlihatkan bentuk sangat spesifik seperti kerucut maha besar terpancung bagian atasnya.

Daerah pegunungan Tengger terdiri dari gunung-gunung kecil, seperti Gunung Kendi, Baruklinting, Argowulan, Pananjakan, Mungal, Cemara Lawang, Batok, Pasung Centang, Bromo, Pundak, Widodaren, Pundak Lembu, Ijo, Walangan, Ideri, Kursi, Ider-ider, Jantur dan Pulosari. Diantara gunung-gunung terdapat sebuah laut pasir yang luasnya ± 4.265 km2 dan oleh orang setempat dikenal dengan Segara Wedhi.

Gunung Semeru

Gunung  Semeru (https://travel.tempo.co)

Gunung  Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, tertinggi ketiga sebagai gunung berapi di Indonesia ini, memiliki Puncak Mahameru sebagai puncak tertingginya dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Yang menarik dikunjungi

Ranu Darungan, Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo, adalah empat danau yang akan terlewati di jalur pendakian Semeru.

Keempat danau ini berada di ketinggian 2.000 meter dpl. Ranu Kumbolo adalah danau terluas dengan keindahan nan menawan. Udaranya yang dingin bisa mencapai di bawah 4 derajat Celsius pada Juli hingga September setiap tahunnya.

1. Ranu Darungan

Ranu Darungan (https://www.manusialembah.com)

Ranu Darungan atau masyarakat setempat sering menyebutnya Linggo Rekisi. Sesuai dengan namanya dikelilingi oleh banyak pohon Rekisi! Terlepas dari keindahan dan kealamiannya, danau ini memiliki nilai sejarah karena merupakan milik orang Belanda saat itu. Saat ini, danau ini telah dipilih sebagai salah satu tempat wisata yang paling direkomendasikan bagi mereka yang sedang berkunjung ke TNBTS. Dilengkapi dengan danau lain yang juga tersedia di lokasi itu.

2. Ranu Pani

Ranu Pani (https://www.jejakpiknik.com)

Ranu Pani sebuah danau di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani adalah bagian dari TNBTS, yang terletak tidak jauh dari pos pendaftaran pendakian

3. Ranu Regulo

Ranu Regulo (https://travel.kompas.com)

Ranu Regulo berjarak sekitar 20 menit dari Ranu Pani. Di lokasi ini, pendaki dapat mendirikan tenda untuk bermalam sebelum hari pendakian.

4. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang berada dalam naungan pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau ini mempunyai luas area sekitar 15 hektare.

Musim Kunjungan Terbaik: Agustus dan Desember (saat musim liburan), kunjungan semua bulan baik, kecuali saat gunung terjadi Eroupsi kunjungan ditutup.

Cara pencapaian lokasi

  • Jakarta – Surabaya (pesawat ± 1 jam 5 menit) – Malang, (roda empat ± 97 km ± 2 jam).
  • Jakarta – Malang (Pesawat ± 1 jam, kereta eksekutif ± 12 jam)

Ada 4 pintu menuju Gunung Bromo :

1. Malang – Cemoro Lawang (roda empat ± 57 km ±1 jam 30 menit)
2. Probolinggo – Cemoro Lawang (roda empat ± 43 km, ± 1 jam 10 menit).
3. Pasuruan – Cemoro Lawang (roda empat ± 55 km ± 1 jam 40 menit)
4. Lumajang – Ranu pani (roda empat ± 80 km, ± 2 jam 30 menit)

Informasi lebih lanjut hubungi

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Kantor Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Jl. Raden Intan No.6 Kotak Pos 54
Malang,  Jawa Timur
Telp : +62 341-491828
Fax : +62 341- 490885
Email : tn.bromotenggersemeru@gmail.com
Website : www.bromotenggersemeru.com

One thought on “Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.