Kereta Lori Wisata Kaliraga Jember – Banyuwangi Jawa Timur

Kereta Lori wisata sedang melewati jembatan (https://www.tempat.me)

Berbeda dengan kereta api wisata lain, wisata kereta api Kaliraga ini keretanya mungil alias mini. Kereta yang digunakan berukuran layaknya seperti kereta lori yang biasa digunakan mengangkut tebu, meski secara tampilan lebih mirip kereta mainan. Kereta wisata Kaliraga ini kapasitas penumpangnya maksimal hanya 8 orang. Disebut Kaliraga karena sesuai rutenya melewati wilayah Kalibaru, Mrawan, dan Garahan.

Kereta Lori wisata yang bermesin diesel ini dijalankan oleh dua orang kru dan menggunakan jalur kereta api aktif. Jadi jika ada kereta api penumpang yang akan lewat, maka harus menunggu giliran.

Kereta lori wisata juga akan melewati 2 buah terowongan kereta api yaitu Terowongan Garahan (113 m) dan Terowongan Mrawan (690 m) dan 7 jembatan yang dibangun pada masa Belanda.

Sejarah

Terowongan Mrawan ini dibangun pada tahun 1901 dan baru selesai pada tahun 1910 oleh salah satu perusahan kereta api Hindia Belanda, menembus Gunung Gumitir yang membatasi Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi (https://www.youtube.com)

Wisata kereta lori ini telah beroperasi pada tahun 1995. Pada saat itu PT KAI Daop 9 Jember melihat tingginya minat turis asing, khususnya Belanda, menapaktilasi jejak nenek moyang mereka di masa lalu. Maklum antara Kalibaru-Garahan banyak terdapat lokasi dan bangunan peninggalan nenek moyang mereka, seperti perkebunan kopi Gunung Gumitir, terowongan dan jembatan kereta api. Turis asing tersebut kebanyakan mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola hotel Margo Utomo dan Kalibaru Cottage.

Satu trip lori wisata bisa mengangkut 16 orang dengan harga paket Rp 1,2 juta. Para wisatawan berangkat dari stasiun Kalibaru – Stasiun Mrawan pulang pergi dengan estimasi waktu sekitar 50 menit.

Mereka nanti diperkenankan berhenti di dalam terowongan untuk foto dan selfie. Lori wisata akan dibuka pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Namun jika ada yang memesan pada hari kerja tetap akan dilayani.

Terowongan Garahan (http://www.banyuwangibagus.com)

Wisatawan yang menaiki lori wisata akan melintasi perkebunan kopi pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Dikelilingi sejumlah gunung seperti Gunung Raung dan Gunung Gumitir menjadikan udara sepanjang rute sangat sejuk dengan suhu 20-25 derajat celcius.

Informasi lebih lanjut hubungi

Bina pelanggan / seksi Operasi PT KA DAOP IX Jember
Jl. Dahlia No. 2 Jember
Telp (62331) 421825, 487202

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.