Bus AKAP Tol Trans Jawa

Armada bus AKAP double decker PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (https://www.tribunnews.com)

Layanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) Tol Trans-Jawa resmi dioperasikan pada 27 Mei 2019 yang lalu, dengan operator 8 perusahaan otobus (PO), 36 armada, yang melayani trayek Jakarta–Surabaya dengan berhenti di rest area Semarang dan Solo, dengan waktu tempuh lebih kurang 11 jam.

Kedelapan perusahaan ini yaitu, PO Rosalia Indah, PO Harapan Jaya, PO Sinar Jaya, PO Lorena, PO Kramat Jati, PO Gunung Harta, PO Pahala Kencana dan terakhir Perum DAMRI.

PO Sinar Jaya Double Decker (https://www.jadwalbis.info)

Trayek Jakarta (terminal Pulo Gebang) – Surabaya (terminal Purbaya) ini sebelumnya tidak menarik karena waktu perjalanan yang lama. Namun, setelah adanya tol Trans-Jawa serta penyesuaian tarif penerbangan berbiaya rendah (LCC), jalur ini kembali menarik baik bagi pengusaha maupun penumpangnya.

Berdasarkan survei Ditjen Darat Kemenhub, Bina Marga, BPJT, DPP Organda, lokasi rest area yang menjadi tempat singgah bus adalah rest area KM 429 A di Ungaran, rest area KM 398 B Semarang, rest area Solo KM 519 A dan Solo KM 519 B, penumpang dapat turun dan melanjutkan perjalanan ke kota terdekat tujuannya dengan disiapkan shuttle ke terminal.

Jakarta – Semarang – Solo

Bus Double Decker PO Putera Mulya Sejahtera (https://www.reservasiku.com)

PO Putera Mulya Sejahtera, yang merupakan perusahaan otobus pertama yang telah mengkalim diri sebagai bus trans jawa yang menggunakan double decker untuk jurusan Jakarta-Semarang-Solo. Untuk rute Jakarta-Semarang sejauh 480 kilometer kurang lebih 6 jam perjalanan

Perusahaan otobus ini telah memakai bus Scania tipe K410IB. Bus ini sudah memakai sistem tranmisi semi otomatis yang telah membuat peralihan transmisi terasa sangat nyaman dan lembut. Penumpang juga bisa terlelap lantaran suasana kabin yang sangat senyap, membuat kenyamanan dalam perjalanan.

Bus Double Decker PO Putera Mulya Sejahtera (https://www.reservasiku.com)

Dengan adanya teknologi Cruise Control membuat bus ini dapat bergerak dengan fitur autopilot seperti di pesawat terbang, Di tambah sistem teknologi ABS (antilock brake system) dan retarder/exhaust brake membuat pengeraman tetap pakem dan membuat tanpa menarik tubuh penumpang.

Dengan kapasitas 38 kursi yang berbahan kulit format 2-2 dengan leg rest. serta tersedia LCD on seat yang bisa dicolok flash disk dan audi jack. Jarak dari kuris ke kursi juga sangat lega.

PO Putera Mulya Sejahtera
Rejosari, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo
Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
Telp.: +62 812 1368 0000

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.