Tarian Tradisional Wonosobo Jawa Tengah

Terletak di jantung Provinsi Jawa Tengah, Wonosobo merupakan kabupaten dengan pemandangan pegunungan yang indah karena diapit dua gunung muda yang masih aktif, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan tinggi lebih dari 3000 mdpl.

Tari Batik Wonosobo

Tari Batik Wonosobo (https://sanggarsatriawonosobo.wordpress.com/)

Industri batik di Wonosobo terus bergeliat, untuk mempopulerkan hasil karya budaya ini, Waket Prasudi Puger dari Sanggar Tari Satria yang beralamat di Sumberan Barat mengembangkan tari batik khas Wonosobo kreasi modern. Upaya ini untuk mendongkrak promosi industri batik khas lokal agar dikenal di Nusantara dan mancanegera.

Tari batik khas Wonosobo ini akan memuncula pola gerakan yang berbeda. Selain itu batik yang dikenakan merupakan batik hasil karya industri batik Wonosobo yang melekatkan unsur lokal berupa carica dan purwaceng.

Tari Jaranan Dem

Tari Jaranan Dem (https://myimage.id)

Kata Dem berasal dari kata Sidem yang mempunyai arti hidup damai dan tentram. Tari Jaranan Dem merupakan sebuah tari kreasi modern, diciptakan Agung Wahyu Utomo pada tahun 2018, yang menggambarkan sekelompok  prajurit berkuda yang berhasil mengusir para penjajah, dengan tujuan untuk mendapatkan suasana hidup yang damai dan tentram tercipta di Kabupaten Wonosobo.

Tari Jaranan Dem (https://myimage.id)

Gerakan Tari Jaranan Dem ini masih mempertahankan tari tradisi Wonosoboan yang geraknya sangat dinamis dan variatif. Salah satu geraknya yang merupakan ciri khasnya yaitu gerak jinjitan dan minjek-minjek, dengan pola lantai yang variatip mulai dari bentuk simetris dengan tidak simetris.

Tari Lengger Topeng Jangkrik Genggong

Tari Lengger Topeng Jangkrik Genggong (https://myimage.id)

Menggambarkan tentang pergaulan hidup di masyarakat, penari Topeng Jangkrik Genggong yang kasmaran dengan Lengger (penari perempuan).

Tari Lengger Topeng Jangkrik Genggong (https://myimage.id)

Tarian ini diciptakan pada tahun 2017 oleh Waket Prasudi Puger S.Pd yang tergabung dalam Sanggar Satria, terinspirasi dari dari banyaknya ragam topeng pada kesenian Topeng Lengger di Wonosobo, sehingga berniat mengangkat tari topeng ini, yang digarap menjadi sebuat tari topeng yang diharapkan lebih mempunyai karakter.

Tari Pesona Carica

Tari Pesona Carica (https://myimage.id)

Merupakan tarian yang menceritakan tentang kegembiraan petani carica di daerah lereng Dieng Wonosobo, dalam bercocok tanam dan mengolah buah carica sebagai bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan oleh masyarakat. Tarian ini diciptakan pada tahun 2015 oleh Waket Prasudi Puger S.Pd yang tergabung dalam Sanggar Satria, Wonosobo.

One thought on “Tarian Tradisional Wonosobo Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.