Tarian Tradisional Kota Kediri Jawa Timur

Tari Ledhek

Kota Kediri adalah kota terbesar nomor 3 (tiga) di Jawa Timur. Kota nomor satu diduduki Surabaya. Disusul di nomor urut 2 (dua) Kota Malang. Kota Kediri terdiri atas tiga kecamatan dan 46 kelurahan. Ketiga kecamatan itu adalah Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota Kediri, dan Kecamatan Pesantren.

Tari Kethek Ogleng

Tari Kethek Ogleng (https://www.superradio.id)

Tari ini berasal dari legenda Kota Kediri. Yaitu kisah percintaan Panji Asmorobangun dengan Dewi Sekartaji dalam Cerita Panji. Kera atau kethek yang ditampilkan pada cerita tersebut adalah jelmaan dari Panji Asmorobangun. Dia berubah wujud menjadi seekor kera putih yang sedang mencari calon pendamping hidup.

Tari Dewi Songgo Langit

Tari Dewi Songgo Langit (http://rri.co.id)

Merupakan cerita Dewi songgo langit, puteri salah satu raja yang terkenal di Kediri dilamar oleh pangeran dari berbagai kerajaan. Untuk menentukan siapa pemenang dari lamaran tersebut, Dewi Songgo Langit menggelar sayembara. Siapa pangeran yang dapat menghadirkan kesenian khas dan unik yang mampu memikat masyarakat, dia lah yang akan dipilih sebagai suaminya.

Tari Ledhek

Tari Ledhek (https://tribunnews.com)

Menggambarkan seorang penari Tayub perempuan yang kerap dilecehkan. Namun sang Ledhek tetap teguh pada pendirian, menjadi seorang penari yang selalu menjaga norma dan etika, serta menjaga kehormatannya sebagai perempuan, diciptakan oleh Yolanda Putri P. S,Pd.

One thought on “Tarian Tradisional Kota Kediri Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.