Tarian Tradisional Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Kabupaten Pekalongan kaya akan budaya tradisional. Berbagai macam kesenian tradisional banyak dimiliki beberapa desa dan kecamatan di wilayah Kabupaten Pekalongan yang tentu saja dengan ciri khas masing-masing.

Tari Oglek

Tari Oglek (https://www.youtube.com)

Merupakan salah satu kesenian rakyat tradisional dengan jenis tarian berkelompok yang biasa dipentaskan di tempat terbuka dengan durasi kurang-lebih 1 sampai 2 jam.

Pentas Oglek diiringi dengan seperangkat alat musik berupa 3 terbang sesar, 1 terbang kecil, 2 bende, 1 kendang, 1 gong, dengan sistem nada slendro. Biasanya dalam pentas Oglek ini ada penari yang “in trance”, dalam bahasa jawa “kesurupan”. Beberapa grup Oglek yang ada antara lain berada di desa Tuksono, kecamatan Sentolo, desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan, dan di desa Krembangan, kecamatan Panjatan, Kabupaten Pekalongan.

Tari Batik Kawung

Tari Batik Kawung (https://www.viva.co.id)

Merupakan rentetan teatrikal sendratari Tutur Batik Kawung mulai dari jaran ebeg, tarian obor, tari batik Kawung maupun kolaborasi tarian jawa klasik dengan batik khas Pekalongan dikombinasikan dengan tarian khas sufi.

Alat musik yang mengiringi pagelaran seni tutur batik pun berasal dari gabungan musik moderen, etnik dan musik tradisional jawa seperti gending jawa, kentongan dan rebana.

Tari Tenun Santri

Tari Tenun Santri (https://www.youtube.com)

Merupakan tarian khas Kabupaten Pekalongan diciptakan oleh seniman Kabupaten Pekalongan yaitu Chaya Ari Safira pada tahun 2013. Tari Tenun Santri menceritakan adat kebiasaan atau budaya Kabupaten Pekalongan sebagai Kota Santri dan diajarkan membuat kain tenun.

Ragam gerak tari Tenun Santri merupakan penggabungan ragam gerak yang mengandalkan kekuatan otot kaki dengan gerakan tari jawa. Ragam gerak tari Tenun Santri adalah Jalan ngrayung, Sagahan, Puter tangan, Sembahan, Mancat, Permainan kaki, Geolan, Coro Tenun, Jlemprang kain, Jadi Tenun, Zapin, Ukel tangan, Cancer.

Tari Srimpi Kawung

Tari Srimpi Kawung karya Mila Rosinta (http://jogjatoday.com)

Karya Mila Rosinta ini merupakan hasil pengkristalan dari karya tari koreografi lingkungan, kemudian dikembangkan ke dalam karya Kawung kontemporer, dan akhirnya terciptalah karya tari Srimpi Kawung.

Tari Srimpi Kawung karya Mila Rosinta (https://www.youtube.com)

Iringan dari tari Srimpi Kawung ini menggunakan musik elektrik (midi) dengan rekaman vokal secara live. Instrumen yang dipakai adalah bonang, kecapi, santur (petik), bedug, simbal, piano, string, biola, suling, electric gitar, terompet, dan orces. Sedangkan untuk instrumen perkusi menggunakan efek asian kids dan afrikan kids serta sound effect untuk menghasilkan suara yang diinginkan seperti suara bonang tetapi tidak seperti bonang.

One thought on “Tarian Tradisional Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.