Kebun Raya Solok Sumatera Barat

Kebun Raya Solok (https://www.skyscrapercity.com)

Lokasi Kebun Raya Solok berada di daerah administrasi Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Secara geographis, terletak diperbukitan Tampa Dado ± 4 Km dari kawasan pinggiran Danau Singkarak, dengan topografi datar berbukit, dengan luas 112.6 ha. Sekitar 25 Km arah utara dari Aro Suka, Pusat Pemerintahan Kabupaten Solok.

Tema Koleksi Kebun Raya Solok dirancang untuk menonjolkan tema konservasi tumbuhan rempah, meskipun upaya konservasi berbagai jenis tumbuhan lainnya juga tetap mendapatkan perhatian yang tinggi.

Sejarah

Kebun Raya Solok (http://kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id)

Dengan disetujuinya permohonan pendirian kebun raya baru yang diajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat ke Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, LIPI, maka pada tahun 2009 dimulai pelaksanaan persiapan pembangunan kebun raya baru di Kabupaten Solok yang diawali dengan pembuatan masterplan Kebun Raya Solok pada tahun 2009.

Koleksi

Kebun Raya Solok (https://pdipkreatif.com)

Tema ini dipilih karena masyarakat Sumatra Barat sangat akrab dengan pemanfaatan tumbuhan rempah dalam kehidupan kesehariannya, khususnya sebagai penyedap berbagai jenis masakan khas daerah ataupun dalam masakan padang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan sampai ke manca negara.

Tanaman rempah-rempah berbentuk pohon, seperti pohon Syzygium aromaticum (Cengkeh), Cinnamomum (Kayu Manis), Myristica (Pala), Cyrtandra pendula (Asam) dan lain sebagainya.

Selain tanaman rempat, terdapat 33 jenis tumbuhan invasif yang tergolong ke dalam 15 famili. Famili yang memiliki jumlah jenis terbanyak adalah Compositae (delapan jenis), diikuti oleh famili Leguminosae (tujuh jenis) lalu famili Poaceae dan famili Verbenaceae (3 jenis), selanjutnya famili Melastomataceae (dua jenis), serta famili Achantaceae, Combretaceae, Convolvulaceae, Malvaceae, Myrtaceae, Passifloraceae, Piperaceae, Polygalaceae, Rosaceae, Solanaceae masing-masingnya 1 jenis. Jenis tumbuhan invasif yang terbanyak terdapat pada habitus perdu yaitu 45,45 %, selanjutnya herba 36,36 %, pohon 12,12 % dan calamus 6,1 %.

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok
Komplek Perkantoran Bupati Solok Jl. Raya Solok-Padang Km 20 Arosuka, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat
E-Mail : dlh@solokkan.go.id

One thought on “Kebun Raya Solok Sumatera Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.