Kebun Raya Jagatnatha Jembrana Bali

Kebun Raya Jagatnatha (http://lipi.go.id)

Kebun Raya Jagatnatha terletak di Jl. Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali 82218, merupakan salah satu destinasi wisata unik yang memadukan fungsi konservasi tumbuhan, pendidikan, penelitian botani dan rekreasi. Kebun raya ini memiliki luasan 5,8 hektar.

Kebun Raya Jagatnatha (http://lipi.go.id)

Pengunjung Kebun Raya Jagatnatha dapat bersantai menikmati keindahan dan keasrian kebun raya sambil mempelajari manfaat berbagai jenis tumbuhan koleksi untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, pengunjung dapat mengunjungi Pura Agung Jagatnatha yang terdapat di dalam lokasi kebun raya. Tempat peribadatan ini dibangun megah dan luas dengan relief artistik khas Bali. Pada hari tertentu pengunjung juga dapat menonton pementasan seni budaya Jembrana di stadion utama Pura Agung Jagatnatha.

Koleksi

Berbeda dengan kebun raya lainnya, koleksi tumbuhan di Kebun Raya Jagatnatha Jembrana mengambil konsep tematik dengan prioritas tumbuhan upakara (tumbuhan untuk upacara adat umat Hindu) dan Usada (tumbuhan obat tradisional Bali). Tema tersebut sesuai dengan pola masyarakat Hindu Jembrana yang dinilai sangat religius dan terikat untuk melakukan berbagai pemujaan melalui upacara yang menggunakan berbagai jenis tumbuhan sebagai persembahan.

Sejak ekplorasi dilakukan bulan Juli 2017 di Gunung Masehe dan Merbuk sudah diperoleh 140 spesies tanaman.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.