Kebun Raya Batam Kepulaun Riau

Kebun Raya Batam

Letak Kebun Raya Batam berada di Jalan Hang Lekiu km. 4, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sangat dekat dengan resor dan pelabuhan. Sangat ideal dikunjungi wisatawan.

Kebun Raya Batam (http://kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id)

Kebun Raya Batam dibangun di atas lahan seluas 85,66 hektar merupakan kawasan konservasi tumbuhan secara ex situ yang memiliki koleksi tumbuhan terdokumentasi dan ditata berdasarkan pola klasifikasi taksonomi, bioregion, tematik, atau kombinasi. Adanya KRB ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan. Kebun Raya Batam mengambil tema “Konservasi Tumbuhan Pulau-pulau Kecil dan Pesisir”.

Koleksi

Skema Kebun Raya Batam (https://enjoybatam.com)

Kebun Raya Batam memiliki memiliki koleksi sebanyak 2.472 tanaman dan pohon yang terdiri atas 28 famili, 140 genus, 193 jenis, dan 824 spesies.

Taman tematik di Kebun Raya Batam (https://www.facebook.com)

Tema Kebun Raya Batam adalah Konservasi Tumbuhan Pulau-pulau kecil di Indonesia. Adapun rencana penyusunan koleksinya adalah berdasarkan biogeographic region, yang meliputi :

– Koleksi dari Kepulauan di wilayah Sundaland
– Koleksi dari Kepulauan di wilayah Wallacea
– Koleksi dari Kepulauan di wilayah New Guinea
– Koleksi dari Kepulauan di wilayah Oceania
– Koleksi dari Kepulauan di wilayah dunia lainnya

Taman tematik yang berupa maze garden, flower garden, children garden dan lain-lain juga direncanakan menjadi salah satu kekuatan kebun raya ini. Selain itu kawasan pesisir yang berupa hutan mangrove akan tetap dipertahankan sebagai daerah yang dihutankan (forested zone) yang dapat diakses dengan menggunakan jembatan atau track dari kayu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.