Desa Wisata Pelaga Badung Bali

Desa Wisata Pelaga (http://baliwisatadewata.blogspot.com)

Desa Wisata Pelaga terletak di di Jalan Raya Puncak Mangu, Desa Petang, Kecamatan Pelaga, Kabupaten Badung, Bali, pada ketinggian berkisar antara 650 – 1.110  meter dari permukaan laut (mdpl).

Desa Pelaga merupakan wilayah dataran tinggi dengan kondisi lahan pegunungan  atau perbukitan terletak sekitar 40 km dari Denpasar yang beriklim normal, curah hujan rata-rata 2135 mm pertahun dengan temperature rata-rata 24,2 derajat celcius. Kelembaban rata-rata 92,5 %, dan tekanan rata-rata 1009,6 mm bar dengan penyinaran 65%. Hujan jatuh pada bulan Oktober sampai dengan bulan April dan hujan terbanyak jatuh pada bulan Desember hingga bulan Januari. Topografi daerahnya berbukit-bukit dengan kemiringan 62°. oleh karena itu, lahan pertanian umumnya dibuat bertingkat-tingkat dalam bentuk terasiring.

Desa Wisata Pelaga (https://www.heriheryanto.com)

Desa Wisata Pelaga memiliki panorama alam dengan bentangan wilayah menghijau yang masih asri dan alami serta wilayah pegunungan dengan udaranya yang segar bebas dari polusi asap ukendaraan sehingga membuat masyarakatnya hidup tentam, damai dan nyaman sepanjang hari.

Agro Wisata

Agrowisata di Desa Wisata Pelaga (https://subadra.wordpress.com)

Di dalam kawasan Desa Wisata Pelaga ditanam berbagai jenis tanaman (polyculture) bernilai ekonomis tinggi yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu komoditas sayur-sayuran (vegetables), bunga potong (cutting flowers) dan buah-buahan (fruits).

Untuk menghemat air, agro ini dikelola dengan sistem tetes di mana air dialirkan terbatas sesuai kebutuhan masing-masing tanaman. Pertanian yang dikelola dengan sistem tetes (drip irrigation system) dan berorientasi pasar ini selalu mempertimbangkan kontinyunitas: supplay, quality dan price. Dalam pengerjaan sarana dan prasarana Bagus Agro Pelaga mempertimbangkan berbagai aspek seperti: aspek estetika, asas teknologi, aspek lingkungan, tidak melawan alam, praktis, logis dan aspek keamanan.

Obyek Wisata

Air Terjun Nungnung

Air terjun Nungnung (https://www.kintamani.id)

Air terjun Nungnung berlokasi di banjar Nungnung, Desa Pelaga Kecamatan Petang, Badung.  Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter dan luas 0,4 hektar dengan debit air cukup besar. Untuk mencapai lokasi air terjun pengunjung akan disuguhkan panorama persawahan berbukit sekitar 2 Kilometer dari jalan raya.

Air terjun Nungnung adalah salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi bagi penggemar wisata trekking, karena untuk sampai ke lokasi air terjun kita harus menyusuri tangga yang jumlahnya lumayan banyak, sehingga kita bisa sampai turun ke lembah sungai dan dapat melihat air terjun dari jarak dekat.

Puncak Mangu

Pura Pucak Mangu (https://keranjang2.wordpress.com)

Di Pucak Mangu ini terdapat sebuah pura dengan ukuran 14 x 24 meter. Di dalamnya ada beberapa pelinggih dan bangunan yang bernilai sejarah kepurbakalaan. Yaitu sebuah Lingga, dengan ukuran tinggi 60 cm dan garis tengahnya 30 cm. Bahannya dari batu alam lengkap dengan bentuk segi 4 (Brahma Bhaga), segi delapan (Wisnu Bhaga) dan bulat panjang (Siwa Bhaga).

Pura Pucak Mangu termasuk salah satu kayangan jagat di Bali yang didirikan sekitar tahun 1555 Isaka atau tahun 1633 dengan dua fungsi yaitu sebagai Pura Catur Loka Pala dan Pura Padma Bhuwana.

Tukad Bangkung

Jembatan Tukad Bangkung terpanjang di Bali (https://www.skygrapher.id)

Merupakan jembatan ini memiliki panjang sampai 360 meter, dengan lebar 9,6 meter, dan ketinggian pilar mencapai 71,14 meter dengan pondasi yang menancap sampai ke bawah tanah sedalam 41 meter. Lebih lagi, karena jembatan ini memakai teknologi balanced cantilever, dengan estimasi usia pakai mencapai 100 tahun.

Kegiatan

Wisatawan yang datang ke Desa Pelaga disamping untuk melihat keunikan alam seperti Air Terjun Nungnung, Pucak Mangu dan Tukad Bangkung, sebagian dari mereka memanfaatkan tempat ini untuk berolah raga (jogging), trakking, bersepeda, serta hanya untuk menikmati indahnya pemandangan alam pedesaan.

Aksesbilitas

Jika ditempuh dari Denpasar menempuh jarak sekitar 45 kilometer atau sekitar 2 hingga 2,5 jam perjalanan. Tiket masuknya Rp 30.000/orang (*)

(*) Harga sewaktu-waktu dapat berubah

One thought on “Desa Wisata Pelaga Badung Bali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.