Desa Wisata Gumbrih Jembrana Bali (Video)

Desa Wisata Gumbrih terletak Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali, di ujung Timur kabupaten Jembrana yang terkenal akan destinasi wisata taman airnya.

Obyek Wisata

Taman Wisata Air Tirta Lestari Gumbrih

Air Tirta Lestari Gumbrih (https://www.kintamani.id)

Terdapat pada kombinasi yang menarik antara Tukad (Sungai) Pangyangan dengan deretan pohon kelapa yang tumbuh rapi di sekitar aliran sungai. Kolaborasi alam inilah yang tampak sangat indah dan menawan sehingga memikat wisatawan untuk datang berkunjung.

Menyusuri sungai (https://www.youtube.com)

Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin yang dikemudikan oleh awak yang profesional. Selain itu tersedia pula perahu boat sebagai sarana transportasi menyusuri sungai. Jarak yang harus ditempuh adalah kurang lebih 2 kilometer, dengan titik henti di jembatan yang merupakan perbatasan Pangyangan-Gumbrih.

Memancing

Tak hanya itu, Tukad Pangyangan juga memiliki beragam jenis ikan, seperti kakap merah dan julit (ikan serupa lele namun dengan ukuran tubuh panjang), sehingga wisatawan dapat menghabiskan waktu di sini dengan memancing. Khusus untuk udang dan kepiting, wisatawan dapat menangkapnya dengan tangan kosong.

Hutan Mangrove

Tidak hanya menyuguhkan wisata sungai, di desa wisata ini juga memiliki pantai pasir hitam dengan pesona yang sangat memukau dengan panorama hutan mangrovenya.

Sebaran lokasi kawasan pantai berhutan bakau sebagaimana mencakup kawasan seluas kurang lebih 604 (enam ratus empat) hektar yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Melaya, Kecamatan Mendoyo dan Kecamatan Pekutatan.

Pengolahan kakao (Brand ChoJaensan)

Coklat ChoJaensan made in Gumbrih (https://www.baliterkini.com)

Pengolahan coklat yang pabriknya ada di Banjar Serong desa Gumbrih yang mana hasi dari pengolahan coklat yang bernama ChoJaensan merupakan satu-satunya ada di Bali dari bidang pertanian Kakao yang merupakan potensi desa yang sangat baik, Produk ChoJaensan ini merupakan hasil dari petani Kakao dimana coklat yang habis di petik bijinya langsung di olah dan dipermentasi selama 7 hari kemudian di jemur sehingga memperoleh hasil Coklat Murni tampa pengawet dan siap disajikan, hasil Coklat Murni ini pemasarannya sudah menembus pasar Internasiaonal seperti, Negara Perancis dan Italia.

Bali Reptile Rescue

Bali Reptile Rescue (https://www.youtube.com)

Sebuah organisasi untuk menolong dan menjaga reptil-reptil di Pulau Bali agar tidak punah.

Kuliner

Bagi pecinta kuliner, desa wisata Gumbrih menawarkan kuliner ikan Gurami khas desa Gumbrih yang siap memanjakan perut para pelancong ke desa ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.