Desa Wisata Baha Mengwi Badung Bali

Gapura masuk Desa Wisata Baha Mengwi (https://obyekwisataterlengkap.blogspot.com)

Desa Wisata Baha terletak di Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Berkunjung ke Desa Wisata Baha, wisatawan akan disuguhkan keasrian wilayah desa yang didukung oleh budaya pertaniannya. Wisatawan bisa menikmati trekking di sepanjang Subak Lepud, wisata spiritual di Pura Beji dan wisata sejarah di goa Jepang.

Jalur masuk menuju Desa Wisata Baha sangatlah strategis karena terletak di antara beberapa daerah tujuan wisata lainnya seperti jalur wisata Taman Ayun dan Bedugul, antara desatinasi wisata taman ayun dengan Ubud dan antara destinasi Taman Ayun dengan destinasi wisata Sangeh.

Rumah penduduk di Desa Wisata Baha Mengwi (https://www.triptrus.com)

Penduduk Desa Baha mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dengan menggarap lahan persawahan mereka, sebagian sebagai pengrajin pengrajin ukir-ukiran, pengrajin anyaman, berbagai industri rumah tangga serta sering kali diadakan upacara keagamaan di desa ini.

Sistem pertanian di desa ini menerapkan sistem pengairan Subak dengan pengaturan irigasi sehingga sawah tidak mengalami kekeringan. Masyarakat Subak Desa Baha memiliki sebuah balai pertemuan yang dinamakan Balai Subak Lepud. Balai pertemuan ini digunakan sebagai tempat rapat warga serta tempat pelaksanaan berbagai upacara yang berhubungan dengan pertanian.

Balai Subak Lepud (https://www.triptrus.com)

Wilayah persawahan yang menghijau juga merupakan aset Desa Baha dalam mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki. Petak-petak sawah yang luas memberikan panorama keindahan tersendiri bagi wisatawan yang datang. Banyak pula wisatawan yang ingin terjun langsung dalam kegiatan pengolahan sawah karena ingin merasakan serunya bercocok tanam padi di sawah.

Kehidupan masyarakat sekitar juga masih memegang budaya tradisional Bali. Hal ini bisa dilihat dari bentuk bangunan rumah penduduk yang bergaya arsitektur Bali. Pintu-pintu rumah yang seragam berbentuk besar dan disebut dengan angkul-angkul.

Obyek Wisata

Goa Jepang

Goa Jepang memiliki keunikan tersendiri, di mana letaknya berada pada dinding sungai yang memiliki air terjun. Goa ini memiliki satu lubang yang dilengkapi dengan lubang sirkulasi udara.

Pura Beji

Air dari beji tersebut umumnya dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber air suci untuk keperluan upacara. Atas inisiatif warga Desa Baha, keberadaan Pura Beji ini diusulkan untuk dapat ditata menjadi sebuah objek wisata spiritual melalui konsep kolam pengelukatan.

Atraksi Mapeed Gebogan

Salah satu upacara agama Hindu dengan berjalan secara bersamaan dan saling beriringan menuju ke pura. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala setiap dua bulan sekali.

Asesibilitas

Dari Bandara Ngurah Rai, desa ini bisa ditempuh dalam waktu 90 menit atau sekitar 19 km dari Denpasar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.