Batik Kabupaten Bogor Jawa Barat

Batik Motif Gunung Salak, Setu, Awan Mendung

Proses terbentuknya batik khas Kabupaten Bogor berasal dari kerja sama tiga penciptanya yakni Suwondo, Siswaya dan Darmin. Ketiganya merupakan rekanan yang memiliki perhatian ke batik Indonesia.

Acara perkenalan batik khas Kabupaten Bogor dihadiri langsung Ketua Dekranasda Elly Rachmat Yasin, didampingin Kepala Bidanv UKM Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Sri Haryati dan Kepala Seksi Projec Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, S.L Wardani.

Batik Motif Leuit, Kujang dan Manggis

Batik Motif Leuit, Kujang dan Manggis (https://paskachan.tumblr.com)

Motif batik ini menggambarkan ketaatan masyarakat Kampung Urug Kabupaten Bogor dalam memegang adat istiadat terpelihara dari masa kerajaan Siliwangi hingga sekarang, tercermin dari arsitektur lumbung padinya.

Gambar yang berbentuk rumah itu adalah Leuit. Leuit itu adalah sebutan dari lumbung padi yang biasa digunakan untuk menyimpan padi-padi. Dan terdapat 8 buah kujang. Kujang itu adalah suatu alat yang menjadi ciri khas atau simbol dari Jawa Barat. Di tengah-tengah leuit tersebut terdapat gambar buah manggis. Kabupaten Bogor juga merupakan komoditas penghasil buah Manggis terbesar se-Indonesia.

Batik Motif Daun Talas, Daun Teh & Bunga Teratai

Batik Motif Daun Talas, Daun Teh & Bunga Teratai (https://paskachan.tumblr.com)

Motif batik yang ini menggambarkan daun teh dan daun talas. Daun teh dan daun talas bukan saja merupakan kekayaan nabati Bogor tetapi bermanfaat dan disukai semua orang. Talas, selain buahnya yang enak untuk dikonsumsi, daunnya pun juga bisa dikonsumsi untuk dijadikan sayur. Teh dapat dijumpai di perkebunan yang berada di kawasan pegunungan yang mengelilingi Bogor. Karena Bogor merupakan salah satu kota yang di kelilingi oleh gunung.

Batik Motif Gunung Salak, Setu, Awan Mendung

Batik Motif Gunung Salak, Setu, Awan Mendung (https://paskachan.tumblr.com)

Motif batik ini menggambarkan awan mendung datang dihemapas Gunung Salak, air selalu tercurah memenuhi sungai dan setu menyuburkan alam Bogor.

Di dalam lingkaran adalah gambar Gunung Salak. Di bawahnya terdapat gambar Setu. Banyak ditemukan Setu yang berada di Kabupaten Bogor. Di atas Gunung Salah terdapat awan mendung. Karena Bogor dijuluki sebagai Kota Hujan, maka awannya pun lebih sering terlihat mendung. Gambar yang berjajaran seperti pagar itu adalah gambar pintu gerbang Pemda Kabupaten Bogor. Dan terdapat 4 buah kujang yang saling berhadapan.

Pengrajin

Sanggar Belajar Batik Tridaya Tradisi Indonesia (TTI) yang beralamat di Jalan Raya Cikaret Puri Nirwana I No.I Kav.I, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.